Catat! Cuti Bersama Sejumlah Layanan Kesehatan di Mesuji Libur, Kemana Masyarakat Hendak Berobat?

Catat! Cuti Bersama Sejumlah Layanan Kesehatan di Mesuji Libur, Kemana Masyarakat Hendak Berobat?

Terlihat layanan kesehetan masyarakat seperti Puskesmas libur. Foto Ardian Mukti--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Libur hari raya Nyepi dan cuti bersama memasuki awal Ramadan yang menyapa pekan ini, membuat layanan kesehatan di sejumlah puskesmas di Kabupaten Mesuji memberikan pengumuman Libur selama dua hari. 

Pengumuman dilakukan di akun media sosial masing masing puskesmas dari pengumuman tersebut, disebutkan jika pelayanan akan libur di tanggal 22 sampai 23 Maret dengan dasar edaran Bupati Mesuji No. : DG.02.03/6601/I.80/MSJ/2022 tentang libur dan cuti bersama. Meski begitu, pelayanan UGD dan rawat inap diklaim tetap akan berjalan. 

Kepala Puskesmas Tanjung Mas Makmur, Kecamatan Mesuji Timur, Mesuji, Yudian Murbantaka mengatakan jika libur hanya berlaku bagi pelayanan rawat jalan. 

"24 jam kami siap melayani, hanya rawat jalan yang off 2 hari sesuai dengan surat edaran bupati. Bagi pasien yang akan melakukan rawat jalan, dapat dilayani di UGD," jelas dia. 

BACA JUGA:Edarkan Narkoba di Wilayah Batangharinuban, Pria Ini Diamankan Polisi

Hal yang sama juga disampaikan Salah satu staf Puskesmas Simpang Pematang Sulistiyati dirinya mengatakan jika yang tutup hanya rawat jalan sedangkan UGD dan rawat inap buka pelayanan selama 24 jam.

" Jadi kalau ada yang mau berobat bisa langsung ke UGD pelayanan BPJS 24 jam," singkatnya.

Pantauan wartawan media ini Puskesmas Brabasan di Kecamatan Tanjung Raya pun tutup. Tidak ada aktifitas yang dilakukan oleh Puskesmas tersebut. 

Diisi lain, masyarakat cukup bingung dengan pengumuman tutupnya puskesmas, padahal masih berikan pelayanan. 

BACA JUGA:Empat Kali Masuk Penjara, Residivis Pengedar Sabu di Tanggamus Tertangkap Lagi

"Jika masih kasih pelayanan, tapi kenapa dibilang tutup," kata Karim warga Kecamatan Tanjung Raya. 

Hal yang sama juga di ungkapkan Melan. dia kebingungan karena informasinya puskesmas tutup.

Padahal ia akan datang berobat karena mengeluh batuk dan pusing. karena lokasi layanan kesehatan terdekat dari rumahnya hanya puskesmas di Brabsan Kecamatan Tanjung Raya tersebut.

"Saya awalnya mau berobat, karena kepala saya Pusing dan Batuk Batuk, Tapi informasinya Puskesmasnya tutup makanya saya mau cek dulu benar tutup atau tidak karena saya dapat informasi tutup karena cuti bersama," ujarnya pada radarlampung.co.id Rabu 22 Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: