9 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, Nomor 8 Belum Banyak yang Tahu

9 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, Nomor 8 Belum Banyak yang Tahu

Simak 9 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia.--

Peradangan akut yang disebabkan oleh gejala penyakit ringan atau kronis seperti kanker, jantung, dan rheumatoid arthritis, diklaim sangat membahayakan kesehtan tubuh.

Salah satu cara untuk mengurangi kondisi peradangan itu bisa diatasi dengan berpuasa yang menganut sistem seperti intermittent fasting atau puasa pada umumnya.

Sebuah penelitian membuktikan,puasa intermitten selama satu bulan secara signifikan efektif menurunkan tingkat inflamasi sekaligus membantu meningkatkan kesehatan.

7. Turunkan Berat Badan 

Berkurangnya asupan yang mauk ke dalam tubuh serta keinginan ngemil selama berpuasa, secara langsung berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Selain itu, puasa juga efektif untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa jangka pendek dapat memperlancar metabolism dengan meningkatkan kadar neurotransmitter neropinefrin yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Dengan begitu, tubuh akan terhindardari risiko obesitas yang jadi biang terjadinya penyakit lainnya.

8. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Human growth hormone (HGH) atau hormone pertumbuhan manusia merupakan salah satu jenis hormone protein yang banyak berpean dalam kesehatan tubuh. 

Hormon protein tersebut terlibat dalam membantu pertumbuhan tubuh, metabolism, penurunan berat badan, dan kekuatan otot.

Hasil studi menemukan kadar hormone protein dapat meningkat secra alami dan signifikan berkat puasa.

9. Mencegah Kanker

Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh juga berkaitan terhadap pencegahan penyakit kanker karna berperan dalam menghambat pembentukan tumor.

Bagi penderita kanker, puasa selama 72 jam sebelum pengobaan diilai efektif meminimalkan efek samping pasca kemoterapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: