Minyak Goreng Dijual Kemasan Botol Tanpa Merk Masih Beredar di Pasar

Minyak Goreng Dijual Kemasan Botol Tanpa Merk Masih Beredar di Pasar

Ekspos minyak goreng curah yang dikemas dalam botol tanpa merk --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Minyak goreng curah yang dikemas dalam botol tanpa merk masih beredar saat ini di beberapa pasar di Lampung.

Hal ini terpantau salah satunya di Pasar Pasir Gintung, Bandarlampung pada Jumat 24 Maret 2023. Di mana, pedagang mengaku mengemas sendiri minyak tersebut.

Mereka menjual minyak goreng dalam kemasan botol tanpa merk itu dengan harga Rp14 ribu per botolnya. Namun, ukuran per botol tersebut hanya 800 mili liter.

Sementara sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng seharusnya Rp14 ribu per liter. Sehingga harga tersebut tidak sesuai peruntukannya.

BACA JUGA:Siap-Siap, Lamtim Akan Rombak Pejabat Eselon 3

"Iya ini saya jual Rp14 ribu per botol. Per botolnya itu ada 800 mili liter lah," katanya.

Dia mengaku mengemas minyak tersebut di rumah. Sementara minyak goreng curah yang ia dapat dalam bentuk dirigen dari distributor.

Tidak hanya itu, temuan minyak goreng curah yang dikemas dalam botol tanpa merk itu juga masih ditemukan diberbagai warung. Khususnya di Bandarlampung.

Menanggapi hal ini, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Elvira Umihanni mengatakan akan mengecek langsung temuan tersebut.

BACA JUGA:Kasus Ilegal Logging, 32 Batang Balken Sonokeling Diamankan, Pembeli Kayu Asal Jogja

"Kita akan cek ya, kita akan pantau langsung di pasar sehingga akan diketahui sumbernya dari mana," ujar Elvira, Jumat.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 24,8 ton minyak goreng curah yang dikemas dalam botol tanpa merk diamankan satgas pangan Provinsi Lampung, belakangan diketahui sumber minyak goreng tersebut berasal dari Domestic Market Obligation (DMO) salah satu eksportir di Lampung.

Elvira Umihanni mengatakan pada Senin, 6 Maret 2023 bahwa sebanyak 24,8 ton minyak goreng curah yang dikemas dalam botol tanpa merk sebanyak 9.648 botol tersebut berasal dari DMO PT LDC.

"Iya jadi yang minyak goreng curah yang dikemas dalam botol tanpa merk itu ternyata bersumber dari DMO PT LDC," kata Elvira melalui pesan WhatsApp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: