Lampung Bakal Dapat Bantuan Tiga Desa Tangguh Dari BNPB

Lampung Bakal Dapat Bantuan Tiga Desa Tangguh Dari BNPB

Kepala BPBD Lampung, Rudy Sjawal Sugiarto --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Guna mengantisipasi kerawanan bencana di Lampung, Badan Nasional Penanggulangan bencana (BNPB) bakal memberi bantuan pembentukan tiga desa tangguh untuk Provinsi Lampung.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung Rudy Sjawal Sugiarto pada Minggu, 26 Maret 2023.

"Kita insya Allah akan mendapatkan bantuan desa tangguh di tiga kabupaten. Dan dapat bantuan Pusdalops dari BNPB," kata Rudy.

Bantuan ini berupa pembentukan sistem untuk memonitoring daerah yang menjadi rawan bencana untuk terkoneksi langsung dengan Pusdalops milik Pemprov Lampung.

BACA JUGA:Wow, Mengonsumsi Air Kelapa Miliki Khasiat Baik untuk Kesehatan

Sehingga gerak cepat bala bantuan ketika datangnya bencana bisa lebih cepat.

"Bantuan ini membantu kita memonitor didaerah yang rawan bencana itu. Sehingga langsung bisa terkoneksi dengan BPBD Lampung," tambahnya.

Meskipun belum ditentukan di mana desa yang akan menjadi lokasi desa tangguh tersebut, namun rencananya akan ditempatkan di daerah pesisir Lampung.

"Rencananya itu di Bandarlampung, Lampung Selatan, dan Pesisir Barat. Kita utamakan daerah pesisir dahulu karena mengantisipasi potensi tsunami," katanya.

BACA JUGA:Waspada, Terlalu Memaksakan Diri untuk Bekerja Bisa Sebabkan Penyakit Ini

Hal ini juga berkaitan dengan aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) yang sampai saat ini masih aktif. Karenanya perlu dilakukan pengawasan secara terpantau.

Dengan adanya bantuan ini, nantinya akan ditetapkan di titik-titik yang memang bisa langsung memonitor kondisi bencana.

Jika sudah terpasang maka nantinya bisa termonitor langsung dan bantuan serta berbagai kebijakan bisa segera diputuskan.

Provinsi Lampung juga tengah mempersiapkan ruang Pusdalops Provinsi Lampung yang bersifat menetap di BPBD Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: