4 Resep Olahan Minuman Cincau Yang Praktis, Cocok Jadi Sajian Menu Buka Puasa untuk Keluarga di Rumah

4 Resep Olahan Minuman Cincau Yang Praktis, Cocok Jadi Sajian Menu Buka Puasa untuk Keluarga di Rumah

Foto Instagram @mayasari_widodo : Es Dawet Cincau salah satu olahan cincau praktis dibuat untuk menu berbuka puasa bersama keluarga dirumah--

Tuang adonan dawet ke cetakan sambil ditekan ditekan, keluar ke baskom dan sisihkan.

Untuk membuat sirup gula merah, masak semua bahan pembuatan gula merah yang telah dipersiapkan sebelumnya  hingga mendidih lalu saring.

BACA JUGA:Gelar Pesantren Kilat Ramadhan, Ini Kata Kepala SMP 2 Bandar Lampung

Setelah adonan Dawet maupun sirup gula merah sudah masak. Siapkan mangkok atau gelas saji. Lalu, masukan es batu, tuang sirup gula merah, susu cair, dawet dan cincau. Siap disajikan .Praktis bukan cara buatnya. Selamat mencoba.

3. Es Cincau Kelapa Muda Santan

Untuk membuat Es Cincau Kelapa Muda Santan dimana kita pertama tama siapkan bahan bahannya antara lain, 20 lembar daun cincau, 500 ml air matang, 500 ml santan matang, 200 gram gula merah, es batu secukupnya dan air secukupnya.

Kemudian mulai membuat Es Cincau Kelapa Muda Santan. Dengan cara yakni Cuci bersih daun cincau. Lalu ambil 2-3 lembar disiram air panas hingga layu dan sisihkan.

BACA JUGA:Soal THR Pegawai Non ASN di Mesuji, Begini Kata BPKAD

Sisa daunnya yang mentah remas remas dengan air matang hingga keluar darinya atau kental dan berlendir. Jangan lupa menggunakan sarung tangan  plastik jika tidak ingin terkontaminasi cairan cincaunya.

Kemudian, buang tulang tulang daun cincaunya dan saring air cincau ke dalam wadah lain agar terpisah dari sisa sisa daun yang tidak teremas.

Lalu, diamkan didalam lemari es agar cepat memadat. Setelah memadat. Kemudian masukan gula merah dan aduk.

Selagi menunggu buat air gulanya, rebus 200 ml air, hingga larut. Jika suka, bisa tambahkan gula pasir agar lebih kental air gulanya.

Jika sudah mendidih dan airnya berkurang, angkat lalu dinginkan  kerok kerok daging kelapa muda dan sisihkan.

Untuk tahap penyajian, ambil cincau hijau yang telah memadat tadi secukupnya, tambahkan kelapa muda secukupnya, tambahkan santan dan gula cair secukupnya. Maka, Es Cincau Kelapa muda Santan siap disajikan untuk menu berbuka puasa 

4. Es Cincau Milo 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: