Jadi Pemateri Webinar Nasional, Dosen UTI Paparan Mengenai Kesalahan Dunia Siber dan Cara Mengatasinya

Jadi Pemateri Webinar Nasional, Dosen UTI Paparan Mengenai Kesalahan Dunia Siber dan Cara Mengatasinya

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Belum lama ini Ditjen Aptika Kominfo menggelar Webinar dengan tema Lindungi Diri di Dunia Digital bersama Wakil Ketua Komisi I DPR RI Lodewijk F Paulus.

Pemateri pada webinar secara zoom meeting tersebut yakni dosen UTI Dr. Ryan Randy, M.Kom dan Fanny Imaniar (Praktisi - News Anchor).

Webinar berlangsung pada Senin, 3 April 2023  pukul 13.00 sd 15.00 WIB. Tujuan dari webinar tersebut untuk memberikan pemahaman pentingnya literasi digital bagi masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan kali ini Kominfo dan DPR RI kembali mempercayai Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) sebagai PTS terbaik di Lampung bidang Teknologi, untuk menjadi pemateri kegiatan tersebut.

BACA JUGA:Jadi Imam Salat di Rutan Menggala, Pj Bupati Tulang Bawang Ingatkan Hal Penting Ini

Pada Webinar itu, Dr. Ryan Randy Suryono, M.Kom. memaparkan materi mengenai “Mengatasi Peran Kesalahan Manusia dalam Keamanan Siber.” 

Ryan Randy menjelaskan, keamanan siber bertujuan menyediakan jaminan kerahasiaan, keutuhan, dan ketersediaan. Sebagai pribadi, kerahasiaan ini bisa berarti data pribadi dan mungkin naik ke data pekerjaan.

"Keutuhan bisa dianggap keaslian data, informasi kita. Ketersediaan bagi pribadi bisa diartikan tersedianya data atau informasi, file atau layanan," jelasnya. 

Secara standar ada acuan EC-Council CSCU dan Comtia S+ yang menjelaskan bagaimana seharusnya pengguna komputer mengamankan dirinya.

BACA JUGA:Polres Lamtim Bongkar Jaringan Pengedar Sabu

"EC-Council CSCU dan CompTIA S+ adalah dua sertifikasi keamanan siber yang diakui secara internasional. Kedua sertifikasi ini memvalidasi pengetahuan dan keterampilan individu dalam melindungi sistem komputer, jaringan, dan perangkat elektronik dari serangan siber," ujarnya.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM juga turut memberikan dukungan penuh kepada seluruh dosen UTI untuk mengikuti perkembangan teknologi saat ini agar semakin banyak pula dosen UTI yang dapat berkiprah di webinar-webinar tingkat Nasional.

"Semoga dosen-dosen Universitas Teknokrat Indonesia semakin berkiprah di webinar-webinar tingkat Nasional," tandasnya. (*/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: