Sering BAB Setelah Olahraga Bisa Berbahaya? Simak Penjelasan Berikut

Sering BAB Setelah Olahraga Bisa Berbahaya? Simak Penjelasan Berikut

Dampak terlalu sering buang air besar setelah melakukan aktivitas olahraga. Ilustrasi/Foto Pixabay.com--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebagian orang biasanya akan melakukan aktivitas buang air besar atau BAB satu atau dua kali setiap harinya.

Buang air besar atau BAB ini merupakan suatu tindakan atau proses alami dari mahluk hidup untuk membuang kotoran yang ada dalam tubuhnya.

Setiap mahluk hidup tentunya akan membuang kotoran atau tinja yang padat atau juga setengah-padat yang berasal dari sistem pencernaannya.

Aktivitas ini juga dinilai dapat membantu tubuh dalam membersihkan ruang yang ada pada usus besar. Sebagai tempat bagi kotoran baru supaya tidak menumpuk.

BACA JUGA:Simak, Ini Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Kulit Wajah

Namun apa jadinya jika tubuh manusia selalu mengeluarkan kotoran atau tinja akibat berolahraga?

Dilansir Radarlampung.co.id dari laman Halodoc pada Senin, 10 April 2023, olahraga dinilai mampu membantu melancarkan buang air besar (BAB).

Berdasar penelitian yang dilakukan Harvard Medical School, orang yang berolahraga secara teratur maka tubuhnya tidak akan mengalami sembelit.

Sebab ketika berolahraga, usus besar di dalam tubuh manusia dapat merespons aktivitas yang dilakukan oleh tubuh itu sendiri.

BACA JUGA:Simak, Beragam Manfaat Sereh untuk Kesehatan Tubuh

Pergerakan usus akan menjadi lebih teratur sebab otot-otot digunakan ketika sedang berolahraga.

Otot-otol dan diafragma nantinya akan memainkan peran penting dalam proses buang air besar atau BAB.

Namun jika otot-otot lemah, maka mereka tidak dapat memainkan perannya dengan baik sehingga pergerakan usus tidak teratur.

Dengan berolahraga, proses pemindahan feses dapat dilakukan dengan cepat karena adanya stimulasi kontraksi alami pada otot usus manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: