Jadi Tuan Rumah VSGA, UTI Kirimkan 165 Mahasiswanya untuk Dapatkan Sertifikasi Kemkominfo  

Jadi Tuan Rumah VSGA, UTI Kirimkan 165 Mahasiswanya untuk Dapatkan Sertifikasi Kemkominfo   

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 165 Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) mengikuti program sertifikasi Vocational School Graduate Academy (VSGA) hasil kerjasama LLDIKTI Wilayah II dengan BPPTIK Kemkominfo.

Kabag Umum LLDIKTI Fansyuri Dwi Putra, S.E., M.Si mengatakan, sertifikasi VSGA merupakan salah satu bentuk implementasi MBKM Mandiri di Lingkungan LLDIKTI Wilayah II yang bekerja sama dengan BPPTIK Kemkominfo. 

Dimana tahun ini menjadi yang pertama bagi LLDIKTI terlibat langsung didalamnya dengan tuan rumah UTI.

"Salah satu MBKM ini sertifikasi VSGA, jadi ada 165 Mahasiswa yang ikut sertifikasi ini apabila lulus nanti bisa digunakan untuk bersaing di dunia usaha untuk mendapatkan pekerjaaan layak dibidang usaha berbasis IT," katanya saat diwawancara setelah kegiatan pembukaan sertifikasi VSGA, di UTI, Rabu, 12 April 2022.

Menurutnya, kegiatan sertifikasi di bidang Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) ini ada pada tanggal 12 - 14 April 2023 yang berlangsung di dua lokasi yakni Palembang dan Bandar Lampung.

"Yang diikuti sebanyak 367 mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang berada di lingkungan LLDIKTI Wilayah II dengan dua skema (pengujian, red) yakni JWD (Junior Web Developer), JGD (Junior Graphic Designer), JNA (Junior Network Administrator), TUJK (Teknisi Utama Jaringan Komputer)," ujarnya.

Kata Fansyuri, Universitas Teknokrat Indonesia menjadi kampus yang satu-satunya sengaja dipilih LLDIKTI menjadi basecamp sekaligus menguji kompetensi para mahasiswa.

"Kami LLDIKTI hanya memfasilitasi sedangkan sertifikat nanti akan dikeluarkan oleh Kemenkominfo, dan bagi Kominfo ini yang ketiga kalinya diadakan tetapi bagi LLDIKTI untuk pertama kalinya berkerjasama dan seluruh di Lampung baru UTI bagi LLDIKTI. Dan mahasiswa ditentukan oleh Universitas sendiri," jelasnya.

Sementara Rektor UTI Dr.HM Nasrullah Yusuf SE.MBA diwakili oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Achmad Yudi Wahyudin, S.Pd., M.Pd. menyampaikan ucapan terimakasihnya atas dipilihnya UTI sebagai tuan rumah VSGA, dimana kegiatan serentak dilakukan di Palembang dan Lampung secara Hybrid.

"Khusus Kominfo sendiri belum lama ini kita mengadakan pelatihan Metaverse di UTI dengan peserta 365 terbuka untuk umum sehingga Kominfo kembali lagi untuk bekerjasama dengan kita melalui VSGA," ujarnya seraya menyebutkan memilih mahasiswa yang IPK-nya di atas 3.00.

Dengan adanya sertifikasi ini diharapkan kedepan mahasiswa UTI bisa bersaing dengan sehat khususnya dalam mencari pekerjaan di dunia usaha bidang Teknologi.

"Diharapkan mereka mampu mendapatkan pekerjaan yang lebih berdaya saing dengan gaji yang mempuni,  sehingga merekognisi kemampuan kompetensi mereka sebagai lulusan yang berkualitas," tandasnya.

Diketaui, kegiatan tersebut juga turut dibuka oleh Kepala LLDIKTI Wilayah II Prof. Ishaq Iskandar dan perwakilan perguruan Tinggi di Sumatera Selatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: