Antisipasi El Nino di Lampung, Ini Daerah yang Masuk Rawan Kekeringan

Antisipasi El Nino di Lampung, Ini Daerah yang Masuk Rawan Kekeringan

Sebanyak 32 provinsi akan terdampak hantaman El Nino. Ini memengaruhi berbagai sektor. FOTO NET--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Hampir seluruh Provinsi se Indonesia di prediksi akan terkena dampak El Nino pada tahun 2023 ini. Termasuk Provinsi Lampung.

Karenanya potensi kekeringan hingga akhir tahun bisa saja terjadi. Adapun daerah yang bakal berdampak terjadi kekeringan akibat El Nino ada di lima daerah di Lampung.

Hal ini berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung.

Di mana ke lima daerah itu diantaranya Mesuji, Tulangbawang, Lampung Utara, Lampung Barat dan sebagian wilayah Lampung Tengah.

BACA JUGA:Tanda-Tanda Kiamat Kubra, Akhir Dari Kehidupan Dunia dan Seisinya

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Lampung Rudy Sjawal Sugiarto diwakili Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lampung Joni Toyib pada Selasa mengatakan El Nino menyebabkan terjadinya pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

Hal ini lah yang mengakibatkan kemarau berkepanjangan yang berdampak pada kekeringan.

"Sebenarnya dengan adanya El Nino ini seluruh daerah di Lampung berpotensi mengalami kekeringan, namun resikonya sedang hingga tinggi," kata Joni, Selasa 2 Mei 2023.

Namun, khusus ke lima daerah, Mesuji, Tulangbawang, Lampung Utara, Lampung Barat dan sebagian wilayah Lampung Tengah ini masuk dalam kategori resiko tinggi.

BACA JUGA:Gaharnya Spesifikasi KRI RE Martadinata yang Luncurkan Rudal Lumat Drone di Laut Bali

"Berdasarkan kajian resiko bencana (KRB) BPBD Lampung, memang ke lima daerah itu masuk resiko tinggi kekeringan," tambah Joni.

Guna mengantisipasi dampak kekeringan yang diprediksi bakal terjadi hingga akhir tahun, BPBD Lampung bersama BPBD kabupaten/kota menyiapkan mobil tanki untuk memasok air bersih ke daerah-daerah yang nantinya membutuhkan pasokan air.

"Masyarakat yang memang membutuhkan pasokan air nantinya bisa menghubungi Pemerintah setempat. BPBD Lampung siap untuk membantu dalam memasok air," katanya.

Diketahui, Lampung masuk dalam 32 Provinsi se Indonesia yang bakal mengalami fenomena alam El Nino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: