Sesi Pertama UTBK-SNBT Unila, 52 Peserta Gagal Lolos 

Sesi Pertama UTBK-SNBT Unila, 52 Peserta Gagal Lolos 

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Lusmeilia Afriani meninjau pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) pada gelombang pertama, Senin, 8 Mei 2023.

Pantauan Radarlampung.co.id, Prof. Lusmeilia Afriani, didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Anna Gustina Zainal, melakukan monitoring pelaksanaan ujian yang berlangsung di UPT TIK Unila dan beberapa ruangan di setiap Fakultas sejak pukul 08.00 WIB.

Mewakili Rektor Unila, Humas Penerimmaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila Fitra Dharma mengatakan bahwa proses ujian berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan teknis.

"Alhamdulillah sejauh ini lancar, dan belum ada temuan dari Pengawas sebelum masuk mereka diperiksa sama metal detector dulu," katanya ditemui di lingkungan Unila.

BACA JUGA:Pemprov Lampung dan Jatim Jalin Kerjasama, Ini Tujuannya

Meski begitu Fitra mengungkapkan ada satu peserta yang tidak diperbolehkan mengikuti ujian lantaran terlambat melebihi waktu yang dilonggarkan.

"Tapi tadi ada satu orang, yang tidak kita perbolehkan untuk mengikuti ujian karena telah lebih dari 30 menit. Kalau kurang dari itu masih kita beri masuk, tapi karena waktu segitu ada simulasi dan pemeriksaan lainnya jadi tidak dibolehkan," ujar Fitra.

Selain itu, dari total perserta hari pertama sesi kesatu, terdapat puluhan peserta yang tidak mengikuti ujian.

"Yang tidak hadir 52 orang dari total peserta sesi 1 adalah 795 yang mengikuti ujian pada lima gedung, alasannya bisa jadi mereka berubah fikiran atau lain hal," ungkapnya.

BACA JUGA:Rekomendasi Angkringan di Mesuji, Anda Perlu Tahu Ini

Terkait yang tidak hadir atau tidak mengikuti ujian, tegas Fitra sudah dipastikan batal, dan jika ada yang ketahuan melakukan kecurangan maka bakal dilakukan sanksi diskualifikasi.

"Ya mereka dinyatakan gagal. Dan bagi yang melakukan kecurangan langsung akan kita proses dan diskualifikasi," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, UTBK-SNBT Tahun 2023 gelombang pertama selama 7 hari, mulai dari tanggal 8 hingga 14 Mei 2023 di 5 tempat yang berbeda, yaitu di UPT TIK, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA dan UPT Pusat Bahasa. 

Sementara Pelaksanaan SNBT Gelombang ke-2 akan dilaksanakan pada 22-28 Mei 2023 dengan total peserta yang bakal mengikuti diikuti oleh 16.530 peserta, naik 3,6% dari tahun belumnya 15.962 peserta. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: