Cara Alami Membasmi Hama dan Penyakit Tanaman, Cukup Pakai Bawang Putih

Cara Alami Membasmi Hama dan Penyakit Tanaman, Cukup Pakai Bawang Putih

Ada cara alami dalam membasmi hama dan penyakit tanaman tanpa bahan kimia, salah satunya menggunakan bawang putih.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Ada cara alami dalam membasmi hama dan penyakit tanaman tanpa bahan kimia, salah satunya menggunakan bawang putih.

Hama dan penyakit tanaman adalah salah permasalahan yang sering dihadapi petani. Sebab, serangan hama dan penyakit mengakibatkan produktivitas menurun, bahkan dapat mengakibatkan kegagalan panen.

Untuk mengatasinya, para petani biasanya menggunakan obat pembasmi hama dan penyakit yanag berbahan kimia.

Permasalahannya, harga obat pembasmi hama dan penyakit tanaman berbahan kimia atau biasa disebut pestisida cenderung mahal dan tidak ramah lingkungan.

BACA JUGA:Kesempatan untuk Jemaah Haji Cadangan, Ada Penambahan 7.360 Kuota Reguler, Cek Syaratnya

Selain itu, produk pembasmi hama dan penyakit yang beredar di pasaran biasanya berbeda-beda tergantung jenis hama dan penyakitnya.

Persoalan lain, dengan menggunakan obat pembasmi hama dan penyakit tanaman yang berbahan kimia, maka produk yang dihasilkan tidak sehat.

Sebab, residu atau sisa bahan kimia yang terserap pada tanaman dapat mempengaruhi kesehatan yang mengkonsumsinya.

Padahal, sebenarnya nenek moyang kita sejak dulu telah memiliki cara murah dan mudah dalam mengatasi serangan hama dan penyakit atau organisme penggangggu tanaman (OPT).

BACA JUGA:Keren! Berhasil Raih 1 Miliar Stream di Spotify, NewJeans Resmi Pecahkan Guinness World Record

Salah satunya menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita. Yakni menggunakan bawang putih.

Bawang putih yang memiliki nama latin alium sativum atau garlic dalam bahasa Inggris merupakan tanaman rempah yang berasal dari daratana Asia Tengah.

Di Indonesia bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang harus ada saat memasak. Kurang sedap rasanya, masakan bila tidak menggunakan bawang putih.

Selain sebagai bumbu dapur dan bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berbagai senyawa yang terkandung dalam bawang putih bermanfaat untuk mencegah dan memberantas serangan OPT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: