Bansos BPNT Bulan Mei dan Juni 2023 Akan Segera Cair, KPM Perlu Perhatikan Ini

Bansos BPNT Bulan Mei dan Juni 2023 Akan Segera Cair, KPM Perlu Perhatikan Ini

Ilustrasi bansos.-Pixabay-

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Bantuan Sosial (Bansos) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) pada Tahap II yakni Mei dan Juni 2023 sudah mulai dicairkan.

Dilansir laman resmi Youtube Diary Bansos, untuk melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) disalurkan dua tahap yakni Januari dan Februari pada tahap I, dan Maret dan April hingga saat ini masih berlangsung penyaluran untuk tahap II. Sementara, Tahap III yang melalui KKS berlangsung pada bulan Mei dan Juni 2023. 

Tentunya, Kemensos RI berusaha mempercepat mengejar target penyaluran agar antara Keluarga Penerima Manfaat (KPM) I dan KPM 2 tidak ada perbedaan.

Karena, ada sebagian melalui KPM yang pencairan melalui PT.Pos Indonesia dimana Proses Pencairan tiga bulan sekali, yakni Untuk Tahap I alokasi Januari-Maret. Sementara, Tahap II dicairkan bersama Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap ke II juga  alokasi April-Juni.

BACA JUGA:Cari Uang Online, Ini 9 Aplikasi Kerja dari Rumah Tanpa Modal

Artinya, KPM yang cair melalui KKS dengan cair melalui PT.Pos Indonesia tidak ada perubahan periode terakhir yang bisa diusahakan cair juga pada bulan Juni 2023.

Kendati demikian, semua Bansos yang dicairkan tergantung kewenangan Kemensos RI walaupun bantuan tersebut sangat diharapkan masyarakat.

Sebelum Proses Pencairan, Perhatikan status KPM  di Aplikasi Sistem Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) terutama mengenai perubahan status dari Maret dan April ke Mei dan Juni  dimana keterangan Sudah surat perintah membayar (SPM) atau Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D).

Dilansir YouTube tersebut, bahwa Pencairan Bansos PKH maupun BPNT melalui PT.Pos Indonesia sudah mulai pencairan. 

BACA JUGA:CPNS 2023 Segera Dibuka! Ini Batas Minimal IPK yang Boleh Daftar, Simak Persyaratannya

Sehingga, KPM diminta bersiap membawa kelengkapan surat surat termasuk membawa surat undangan yang diberikan oleh pemerintah desa/kelurahan setempat untuk mengambil bansos tersebut.

Ada tiga cara penyaluran bansos melalui PT.Pos Indonesia, yakni:

Cara Pertama, PT Pos Indonesia menyalurkan titik kumpul Komunitas di Kelurahan setempat, fasilitas umum. Biasanya KPM datang langsung ke titik kumpul penyaluran tersebut.

Cara  Kedua, KPM Bisa mengambil Kantor Pos Indonesia terdekat. Hal ini kemungkinan terjadi apabila KPM tersebut belum sempat mengambil penyaluran di titik komunitas sehingga disalurkan ke Kantor Pos terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: