Guru Besar Baru Diharapkan Dongkrak Kemajuan dan Kwalitas Unila

Guru Besar Baru Diharapkan Dongkrak Kemajuan dan Kwalitas Unila

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Lampung (Unila) kembali menggelar rapat senat luar biasa dalam rangka Pengukuhan Guru Besar dan Orasi Imiah, Rabu, 10 Mei 2023, di GSG Kampus setempat.

Adapun guru besar yang dikukuhkan oleh Rektor Unila Prof. Lusmeilia Afriani sebanyak 7 orang, yakni:

1. Prof. Dr. Agr. Sc. Diding Suhandy, S.T.P., M.Agr., yang dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Pertanian dengan orasi “Uji Keaslian Kopi Bubuk Spesialti Indonesia Menggunakan Teknologi UV-Visible Spectroscopy dan Kemometrika”.

2. Prof. Dr. Nairobi, S.E., M.Si., sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Publik dengan orasi berjudul “Pengaruh Kompetisi Politik terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Permodelan dan Bukti Empiris".

BACA JUGA:Simak, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Malaikat Masuk Rumahmu

3. Prof. Dr. Sugeng Sutiarso, S.Pd., M.Pd., sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika dengan judul orasi “AlQURUN Teaching Model : Suatu Alternatif Model Pembelajaran Matematika".

4. Prof. Dr. Handoko Insan Qudus, M.S., sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Analitik dengan judul orasi “Aplikasi Metode Voltammetri Siklik untuk Mengkaji Reaktivitas Bahan Kimia".

5. Prof. Dr. Ari Darmastuti, M.A., sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Politik dengan judul orasi “Perempuan dan Politik, Subyek dalam Proses".

6. Prof. Dr. Ir. Sugeng Triyono, M.Sc., sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Rekayasa Sumberdaya Air/Teknik Pertanian dengan judul orasi “Menuju Sistem Pertanian Berkelanjutan Melalui Rekayasa Sumberdaya Air dan Pendayagunaan Limbah Organik".

BACA JUGA:Mengantuk saat Berkendara? Coba Beberapa Tips Ini

7. Prof. Dr. Risma Margaretha S, M.Hum., sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Antropologi dengan judul orasi “Komodifikasi Kekerabatan dalam Hubungan Multikultural : Produksi dan Reproduksi Nilai Budaya Piil Pesenggiri Etnik Lampung".

Dalam wawancaranya, Rektor Unila Prof. Lusmeilia Afriani mengatakan dengan dikukuhkan 7 guru besar hari ini, berarti Unila kini telah memiliki 105 guru besar.

"Insha Allah bulan depan ada pengukuhan beberapa guru besar lagi. Targetnya nanti bisa 110 atau 120 guru besar dalam tahun ini, kita lihat aja nanti," ujarnya.

Ditanya bagaimana dorongan Unila supaya para guru besar yang sudah ada saat ini lebih produktif dan mempublikasikan kegiatan tridharma, Rektor menyebut semua kewajiban sebagai Profesor harus dilaksanakan setiap tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: