Panglima TNI Pimpin Ribuan TNI Deklarasi Anies Presiden 2024, Ini Faktanya

Panglima TNI Pimpin Ribuan TNI Deklarasi Anies Presiden 2024, Ini Faktanya

Panglima TNI Pimpin Ribuan TNI Deklarasi Anies Presiden 2024, Ini Faktanya --vecteezy.com

RADARLAMPUNG.CO.ID-Panglima TNI pimpin ribuan TNI deklarasi Anies Presiden 2024, ini faktanya. 

Beredar narasi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin ribuan TNI mendeklarasikan Anies sebagai Presiden 2024. 

Narasi tersebut ada di channel Youtube Menara Istana dalam video berdurasi delapan menit dan dua detik. Video tersebut berjudul Dipimpin langsung Panglima Yudo Margono!! Ribuan TNI Resmi deklarasikan Anies Presiden 2024. 

Narasi berdurasi  dua menit 12 detik itu diantaranya menyebut Brigade 08 seluruh Indonesia mengawal gerak jalan santai bertempat di stadion Si Jalak Harupat. Acara jalan sehat itu disebut juga dihadiri Anies Baswedan

BACA JUGA:Panglima TNI Kembali Mutasi Belasan Pati TNI, Ini Daftarnya

 

Narasi tersebut seakan akan mendukung Anies Baswedan yang saat ini menjadi salah satu kandidat bakal calon presiden RI di pemilu 2024. 

Narasi itu seolah dibacakan seorang prajurit TNI AD berpangkat kolonel mengenakan masker. Sehingga, gerak bibir tidak terlihat. 

Terkait adanya video itu, pihak TNI langsung mengambil sikap tegas. Faktanya, video itu dipastikan pihak TNI adalah hoaks.

BACA JUGA:KKB Papua Lihat Nih! Momen TNI Tunjukkan Sayangnya ke Warga Papua

 

Mengutip keterangan dari akun Instagram @puspentni pada 17 Mei 2023, dipastikan bukanlah perwira dalam video tersebut yang mengucapkannya. “Namun, kalau kita tidak jeli seakan-akan perwira TNI itulah yang mengucapkannya,” tulis keterangan dari akun Instagram @puspentni. 

Dijelaskan pihak Puspen TNI, video itu adalah hasil editan video Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan kegiatan prajurit TNI dengan kegiatan olahraga Anies Baswedan. 

“Perlu diketahui bahwa  kegiatan oleh raga Anies Baswedan di Kopassus pada tanggal 9 November 2019 ketika itu masih menjabat  sebagai Gubernur DKI.  Jadi bukan Anies Baswedan dengan anggota partai Nasdem  di Jawa Barat seperti yang dinarasikan dalam video youtube itu,” jelas akun @puspentni. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: instagram @puspentni