Ayam Suwir Pedas Bumbu Bali Andalan Menu Hajatan, Cara Buat di Rumah Gampang Banget Loh!

Ayam Suwir Pedas Bumbu Bali Andalan Menu Hajatan, Cara Buat di Rumah Gampang Banget Loh!

Foto Tangkap Layar YouTube @Share To You : Ayam Suwir Pedas Bumbu Bali menu Andalan Hajatan sangat Menggugah Selera .--

BANDARLAMPUNG ,RADARLAMPUNG.CO.ID - Saat Hajatan (Pesta) atau Resepsi apapun baik itu Pernikahan, Aqiqah Anak,  Ngunduh mantu atau kegiatan lainnya menu andalannya salah satunya adalah Ayam Suwir Pedas (Mercon).

Tahu kah kamu, menu andalan Jajaran tersebut cara buatnya gampang. Semua bahan bisa dijumpai di dapur rumah.

Nah, kali ini radarlampung.co.id akan membuat modifikasi Ayam Suwir Pedas  yakni Ayam Suwir  Pedas  Bumbu  Bali. Resep ini dilansir dari dilansir dari youtube @Share To You .

Pertama-Tama, bahannya bahannya yakni 500 gram Daging ayam terutama dada ayam yang dicuci terlebih dahulu, garam, lada, serai,daun salam,  bawang putih,daun jeruk, jahe, lengkuas dan minyak.

BACA JUGA:6 Drama Aksi Korea yang Mencekam dan Penuh Misteri

Lalu,  tiga siung yang sudah dihaluskan, jahe dan lengkuas 3 cm yang di lumatkan (di geprek), dua lembar daun salam, dua lembar daun jeruk, seperempat lada bubuk, minyak dan kita tumis sebentar kedalam panci/kuali kecil.tumis bentar sampai  aroma wangi keluar dan bawang sedikit kecokelatan. Agar Daging Dada ayam yang kita tumis  gurih.

Lalu tambahkan air 400 ml, masukkan 500 gram daging Dada ayam karena  agar mudah untuk disuwir nantinya. Rebus sama bumbu yang sudah ditumis tadi. Sehingga aroma daging ayam nantinya khas.

Kemudian angkat tiriskan daging ayam yang gurih banget  tersebut.Kaldu ayam ini jangan dibuang bisa diolah masakan  lainnya. Setelah tiris dan agak dingin baru kita  disuwir suwir dengan garpu atau pakai tangan. Suwir daging ayam sesuaikan dengan  selera. Kemudian sisihkan sementara.

Kemudian, siapkan jamur tiram bersihkan bonggol lalu suwir dengan kecil, cuci jamur tiram, dan tiriskan dan peras agar kadar air berkurang.

BACA JUGA:Simak, Ini Perilaku yang Tidak Disukai Rasulullah SAW

Lalu, rendam dengan air 300 ml air dan garam 1/4 sendok teh dilarutkan,  rendam dengan air garam selama 30 menit untuk lebih mengurangi kadar air pada jamur tiram dan setelah ditiriskan atau diperas  dan mencuci air mengalir dan diperas.  Sehingga jamur tiram menyerupai ayam suwir dan warna jamur tiram putih bersih tidak kecokelatan.

Kemudian, siapkan bumbu untuk buat bumbu Bali seperti Kencur, Terasi, Daun Jeruk, jeruk limau, cabe Jawa, cabe rawit, cabe keriting, lengkuas,jahe, daun salam, kemiri sangrai, bawang putih, bawang merah, barang serai, asam hawa, gula jawa, gula, kaldu bubuk, kunyit, ketumbar ,minyak dan garam.

Dimana, Proses pembuatan  Bumbu Bali yakni haluskan semua bumbu. Yakni :

Haluskan Tujuh siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 2 butir kemiri yang telah disangrai supaya aman dikonsumsi, satu ruas lengkuas dan 1 cm jahe, 1.5 cm  kunyit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: