Sidomuncul Gelar Seminar Pemanfaatan Obat Herbal Menuju Indonesia Sehat di Unila

Sidomuncul Gelar Seminar Pemanfaatan Obat Herbal Menuju Indonesia Sehat di Unila

Suasana Seminar Pemanfaatan Obat Herbal Menuju Indonesia Sehat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Lampung (Unila), Sabtu 27 Mei 2023. Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id--

RADARLAMPUNG.CO.ID - PT Industri Jamu dan Farmasi Sidomuncul TBK menggelar seminar pemanfaatan obat herbal menuju Indonesia Sehat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Lampung (Unila), Sabtu 27 Mei 2023.

Sebanyak enam narasumber mulai dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) hingga akademisi kedokteran dihadirkan dalam seminar nasional tersebut.

Dalam pemaparan materinya yang berjudul "Industri Herbal Berbasis Good Manufacturing Practices (GMP)”, Direktur Sidomuncul Irwan Hidayat mengatakan ada dua industri yang menjadi contoh bagi dirinya saat berkecimpung di Sidomuncul.

"Ada dua industri yang saya tiru yakni industri farmasi dan kedokteran," kata Irwan saat memberikan pemaparan pada seminar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Lampung (Unila), Sabtu 27 Mei 2023.

BACA JUGA:Perwakilan PT Hutama Karya Sambangi Radar Lampung

Lebih lanjut Irwan menuturkan, ada beberapa yang ditiru yakni dari industri farmasi yakni jujur, berbasis penelitian, dan memerlukan kepercayaan dari masyarakat.

Salah satu faktor untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat ini, kata Irwan, proses produksi Tolak Angin di Sidomuncul kini sudah mesin otomatis.

Dengan demikian setiap produk akan terjamin kehigenisannya. Irwan mengungkapkan kerja sama yang dilakukan dengan Unila terkait penelitian tanaman herbal.

"Hasil penelitiannya bisa atau bentuknya jadinya juga bisa kami beli," sambung Irwan.

BACA JUGA:Kapal BN 62 Milik Dishub Tanggamus Hangus, Sengaja Dibakar?

Dia mencontohkan salah satu hasil penelitian yang bisa diaplikasikan adalah tanaman Stevia (stevia rebaudiana) yang bisa dijadikan pengganti gula.

Menurut Irwan, tanaman semak yang berasal dari famili Asteraceae (Compositae) ini rasa manisnya persis sama dengan gula.

Meski manis, tanaman Stevia ini memiliki kandungan yang lebih menyehatkan dibandingkan gula umumnya.

"Tapi after taste-nya agak pahit. Ini bisa diteliti," kata Irwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: