Pentingnya Menjaga Pancasila sebagai Dasar Negara, Begini Pesan Bupati Pesawaran

Pentingnya Menjaga Pancasila sebagai Dasar Negara, Begini Pesan Bupati Pesawaran

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Foto dok--

RADARLAMPUNG.CO.IDBupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 

"Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius Bangsa Indonesia. Dengan demikian, Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural," ungkap Dendi Ramadhona K saat membacakan amanat Presiden R. I. Joko Widodo dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, di Lapangan Pemkab Pesawaran pada Kamis 1 Juni 2023

Dikatakan, Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. 

BACA JUGA:Terciduk Massa, Pencuri Motor Ini Jadi Bulan-bulanan Warga

"Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai- nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia," ucapnya. 

Lebih lanjut, Dendi menyampaikan bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20 persen. Untuk mengatasinya, sambungnya dirinya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di Indonesia. 

"Hal ini merupakan kerja nyata pembumian Pancasila dan pengaktualisasian nilai-nilai luhur Pancasila," ujarnya.

BACA JUGA:Pemerintah Kabupaten Pringsewu Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 itu pula, pria yang akrab disapa Bung Dendi mengajak untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

"Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya serta bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, juga menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," imbaunya 

Diketahui pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan Surat Keputusan kepada 42 orang peserta yang lulus seleksi Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Tenaga Kesehatan di Lingkungan Pemkab Pesawaran formasi Tahun 2022, yang ditempatkan diseluruh fasilitas kesehatan di Lingkup Pemkab Pesawaran. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: