Ladang Harta Karun di Pulau Jawa, Ternyata Ini Wilayah di Jawa Timur yang Memiliki Kandungan Emas

Ladang Harta Karun di Pulau Jawa, Ternyata Ini Wilayah di Jawa Timur yang Memiliki Kandungan Emas

Deretan wilayah yang bisa dijadikan sebagai ladang harta karun di Jawa Timur.--

RADARLAMPUG.CO.ID – Beberapa tahun lalu, masyarakat di Indonesia khususnya Jawa Timur digemparkan dengan harta karun berupa emas, hasil pengamatan yang dilakukan satelit internasional.

Dalam hasil pengamatan yang dilakukan satelit internasional tersebut, Jawa Timur disebut-sebut memiliki harta karun berupa emas di beberapa wilayah yang masuk dalam Provinsi ini.

Komoditas emas itu disebut tersebar di beberapa lokasi tambang. Salah satunya di lahan seluas 26 ribu hektare yang berada di antara Lumajang sampai dengan Malang.

Tak hanya itu saja. Ada juga data yang menyebutkan terdapat timbunan emas di antara wilayah Tulungagung hingga Trenggalek, di lahan seluas 56 sampai dengan 58 ribu hektare.

BACA JUGA: Siap Berburu Harta Karun? Ini Daftar Sungai yang Mengandung Emas di Indonesia

Kemudian ada juga tambang emas di lahan seluas 96 ribu hektare tepatnya di wilayah Pacitan.

Tak hanya daerah itu saja, konon daerah Jember memiliki kandungan emas lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di Banyuwangi.

Menurut Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jember memiliki kandungan emas yang jauh lebih banyak dbandingkan dengan Tambang Tujuh Bukit.

Lokasi yang disebut sebagai ladang emas di Jember setidaknya ada 4 ribu hektare. Dan itu berada di Kecamatan Silo atau disebut juga dengan Blok Silo Jember.

BACA JUGA: Geger Penemuan Harta Karun Koin Emas Murni Abad Ke-7 di Dalam Tembok Cagar Alam Hermon Stream

Sejalan dengan industri perhiasan di Jawa Timur yang memang memiliki peranan strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi setempat.

Hal ini juga sejalan dengan meningkatnya permintaan terhadap produk perhiasan pada komoditas emas.

Jika kita merujuk pada data satelit internasional tersebut, dan itu benar-benar valid. Maka bisa jadi wilayah Jawa Timur menjadi daerah dengan kumpulan emas terbesar.

Jawa Tiimur akan masuk dalam jajaran daerah sebagai produsen emas terbesar di Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: