9 Destinasi Wisata Banyuwangi yang Wajib di Jelajahi, Nomor 2 Disebut Amazon-nya Indonesia

9 Destinasi Wisata Banyuwangi  yang Wajib di Jelajahi, Nomor 2 Disebut Amazon-nya Indonesia

Mangrove Bedul Ecotourism merupakan Obyek wisata di Kab.Banyuwangi ini kerap dijuluki sebagai amazon-nya Indonesia. Foto Instagram @bluefirehomestay--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID  - Banyuwangi merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur memiliki puluhan destinasi yang unik yang mesti jelajahi.

Sebelum menjelaskan apa saja destinasi Wisata di Banyuwangi, mari kita simak legenda nama Banyuwangi.

Dilansir dari laman resmi Kabupaten Banyuwangi, menceritakan legenda asal usul Banyuwangi bahwa dahulu kala wilayah ujung timur Pulau Jawa yang alamnya begitu indah ini dipimpin oleh seorang raja bernama Prabu Sulahkromo yang dibantu oleh seorang Patih yang gagah berani, arif dan tampan bernama Patih Sidopekso.

Patih Sidopekso memiliki istri bernama Sri Tanjung sangat elok parasnya, halus Budi bahasanya sehingga membuat sang raja tergila gila padanya dan memfitnah dengan ia segala tipu daya muslihat sehingga membuat suaminya curiga dan terpaksa menyeret sang istri ke tepi sungai yang keruh dan kumuh.

Namun sebelum dijeburkan kedalam sungai tersebut, sebagai bukti kejujuran, kesucian, dan kesetiaan sang istri rela dibunuh agar jasadnya diceburkan ke dalam air yang sungai keruh itu.

BACA JUGA:Luar Biasa, AtraPay Raih Penghargaan pada Customer Engagement Excellence Awards Indonesia 2023

Apabila darahnya membuat air, sungai berbau busuk maka dirinya telah berbuat perselingkuhan. Jika air sungai aroma harum maka ia tidak bersalah.

Kemudian, sang patih Sidopekso menikam dengan kerisnya ke istrinya tersebut dan mati seketika jasad istrinya segera diceburkan ke Sungai. Dan ternyata air menjadi jernih seperti kaca dan serta menyebarkan bau harum (wangi).

Patih Sidopekso ia menjadi terhuyung Buyung, lunglai dan jatuh tanpa ia sadari ia menjerit "Banyu...wangi... Banyu wangi..." Akhirnya Banyuwangi terlahir dari bukti  cinta istri pada Suaminya.

Tahukah kamu, selain legenda nama Banyuwangi, namanya Kabupaten berlokasi di Ujung timur Pulau Jawa mempunyai banyak potensi wisata  yang sangat menawan.

BACA JUGA:Ternyata, Minum Kopi Bisa Mencegah Penyakit Alzheimer

Adapun sembilan Destinasi wisata Banyuwangi yang mesti kamu jelajahi, antara lain :

1. Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo berlokasi di kawasan Agrowisata Kalibendo, Desa Kampung Anyar, Kec.Glagah, Kab.Banyuwangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: