Raih Penghargaan, Arinal Djunaidi Berpesan GTTGN Harus Jadi Wadah Bertukar Informasi Teknologi

Raih Penghargaan, Arinal Djunaidi Berpesan GTTGN Harus Jadi Wadah Bertukar Informasi Teknologi

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meraih penghargaan sebagai gubernur pembina terbaik teknologi tepat guna dan posyantek tingkat nasional tahun 2023.---Sumber foto : Biro Adpim.---

Keempat, pemerintah maupun pemerintah daerah dalam menjalankan urusan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Salah satunya harus ditempuh juga dengan penerapan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna dan temuan baru untuk kemajuan ekonomi dan pertanian masyarakat desa, hal ini tertuang dalam pasal 112 ayat 3.

"Penekanan dalam pasal-pasal di undang-undang desa menunjukkan pentingnya teknologi tepat guna menuju kemandirian desa, dan ini berarti bahwa penggunaan dana desa sangat direkomendasikan untuk inovasi dan pengembangan teknologi tepat guna," ungkapnya. 

BACA JUGA:30 Orang Bergejala Keracunan Gara-gara Makan Sop dan Sate Kambing, Diskes Lambar Ambil Sampel Feses

Sementara, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan bahwa GTTGN merupakan event nasional yang diselenggarakan setiap tahun, dalam rangka penyebarluasan informasi dan promosi yang terkait dengan teknologi tepat guna.

"Kegiatan GTTGN sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam mendorong dan memotivasi pengembangan daya kreativitas dan inovasi Teknologi Tepat Guna yang mempunyai prospek, untuk dapat dimanfaatkan dan didayagunakan oleh masyarakat/pelaku industri dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif dan kreatif berbasis potensi unggulan Desa/Daerah," ujar Arinal Djunaidi.

Kegiatan GTTGN, lanjut Arinal Djunaidi, juga digunakan sebagi ajang tukar informasi teknologi yang ditemukan antara desa satu dengan desa lainnya, antara provinsi satu dengan provinsi lainnya. 

Dengan demikian diharapkan adanya motivasi bersama masyarakat dalam mengembangkan, dan meningkatkan kinerja pengelolaan lembaga Posyantek Desa sebagai upaya pengoptimalan peran, tugas, dan fungsinya dalam rangka alih teknologi dan pendayagunaan sumberdaya lokal melalui pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna.

BACA JUGA:Kisah Abu Nawas Tipu Raja Harun dan Hakim, Endingnya Bikin Ngakak

"Inovasi dalam kehidupan sangat penting apa lagi inovasi menuju ke arah kebaikan. Alhamdulillah Provinsi Lampung termasuk provinsi yang sangat fokus dalam bidang inovasi, sehingga banyak inovator-inovator baru yang selalu lahir di setiap ajang gelaran Teknologi Tepat Guna yang diadakan setiap tahunnya," ujarnya.

Lebih lanjut kata Arinal Djunaidi, pertumbuhan pembangunan perlu digerakkan oleh strategi yang tidak saja semakin efisien, namun mengedepankan inovasi. 

"Dalam era digitalisasi, pembangunan perlu lebih mengedepankan aspek pemanfaatan Iptek dan inovasi sebagai faktor pembentuk daya saing atau disebut dengan innovation-driven development," tambahnya.

Dirinya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, terhadap kemajuan pembangunan berkelanjutan di desa khususnya dan di Indonesia pada umumnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: