30 Orang Bergejala Keracunan Gara-gara Makan Sop dan Sate Kambing, Diskes Lambar Ambil Sampel Feses

30 Orang Bergejala Keracunan Gara-gara Makan Sop dan Sate Kambing, Diskes Lambar Ambil Sampel Feses

FOTO ILUSTRASI KERACUNAN--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Gara-gara makan Sop dan Sate Kambing, 30 orang mengalami keracunan. Hal itu membuat Dinas Kesehatan (Diskes) Lampung Barat (Lambar) mengambil sampel feses (sampel tinja).

Sampel feses ini, berguna untuk mendeteksi masalah pada saluran pencernaan pada sejumlah orang yang diduga keracunan akibat makan sop dan sate kambing.

Gejala keracunan tersebut, saat mereka melakukan touring dengan tema Sinergitas TNI-Polri, bertempat di Kecamatan Kebun Tebu pada Sabtu 3 Juni 2023 lalu.

Hasil pendataan dari Diskes Lampung Barat, hingga Rabu 7 Juni 2023, ada sebanyak 30 orang yang merupakan para rider dalam kegiatan touring tersebut yang mengalami gejala seperti diare, pusing, muntah dan juga menggigil.

BACA JUGA:Kisah Abu Nawas Tipu Raja Harun dan Hakim, Endingnya Bikin Ngakak

Kepala Dinkes Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B.,mengatakan, 30 orang yang bergejala itu, telah menjalani perawatan di sejumlah Puskesmas, RSUD Alimuddin Umar dan juga menjalani rawat jalan.

Dari jumlah tersebut, sambung Widyatmoko, sebanyak tiga orang telah diambil sampel feses. Selanjutnya, sampel itu dikirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Lampung untuk memastikan apa penyebab yang terjadi.

Selain itu, pihaknya juga sedang mengumpulkan sampel-sampel lainnya. Sampel itu, nantinya akan dikirim juga ke Labkesda untuk dilakukan uji lab.

"Kami sudah ambil sampel feses tiga orang, dan kami kirim ke Labkesda Provinsi, Insha Allah dalam tiga hari hasilnya bisa kita terima, sehingga bisa diketahui penyebab yang dialami oleh 30 orang tersebut," ungkap Wawan - sapaan Widyatmoko Kurniawan.

BACA JUGA:16 Perwira Tinggi TNI AL Naik Pangkat, Termasuk Tiga Petinggi Kodiklatal

Menurutnya, saat ini kondisi dari 30 orang yang sempat mengalami diare dan gejala lainnya sudah jauh lebih baik, setelah mendapatkan penanganan.

"Tapi, ada beberapa yang masih menjalani perawatan, tetapi alhamdulillah sebagian besar sudah sehat," kata Wawan.

Untuk diketahui, acara touring sekaligus patroli wilayah tersebut diikuti oleh Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho, SIK., MH., Dandim 0422 Lambar Letkol Czi Anthon Wibowo, Ketua DPRD Edi Novial, S.Kom., bersama puluhan rider dari sejumlah kecamatan.

Jumlah peserta touring sekitar 50 orang, warga Kebun Tebu sekitar 35 orang selebihnyanya di luar Kebun Tebu. Untuk lokasi makan bersama sate dan sop kambing berada di daerah pegunungan yakni Arum Ilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: