Waduh! Seleksi CPNS 2023 Terancam Batal

Waduh! Seleksi CPNS 2023 Terancam Batal

Rekrutmen CPNS tahun 2023 yang rencananya dibuka pada Juni terancam batal.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pendaftaran seleksi penerimaan CPNS tahun 2023 yang rencananya akan dibuka pada Juni bulan ini terancam batal.

Kenapa bisa demikian?

Adanya potensi pembatalan CPNS tahun ini disebabkan karena formasi kementerian, lembaga dan pemerintah daerah tidak kunjung selesai ditentukan.

Hal ini disampaikan oleh Menpan RB Abdullah Azwar Anas dalam keterangannya usai rapat kerja bersama Komisi II DPR di Senayan, Kemarin, Rabu 7 Juni 2023.

BACA JUGA: Info Terbaru! Begini Alur Pendaftaran dan Formasi Rekrutmen CPNS 2023

Kendati demikian, pihaknya masih menunggu kapan usualan formasi CPNS tahun ini selesai. Sehingga bisa mengambil keputusan tentang kepastian selanjutnya.

Menurutnya, molornya pembukaan pendaftaran seleksi CPNS tahun ini disebabkan karena banyaknya instansi pembina bersama BKN  yang belum rampung untuk ditentukan mana yang prioritas atau tidak.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Plt. Kepala BKN Bima Haria Wibisana. Menurutnya, semua formasi yang ada di Kementerian Lembaga dan Pemda belum disetorkan secara menyeluruh.

Apabila formasi CPNS belum diterima secara keseluruhan dan belum rampung, tentu Kemenpan akan sulit untuk membuka seleksi CPNS tahun ini.

BACA JUGA: Gaji Ke-13 Pensiun PNS Mulai Cair Ke Rekening! Segini Komponen Tunjangan yang Diterima Per Golongan

Seperti mekansime sebelumnya, untuk membuka CPNS tentu hitungan formasi harus di ambil secara total skala nasional dan menyeluruh.

Maka dari itu, hingga saat ini pihak BKN akan menunggu formasi selesai setidaknya sampai pertengahan Juli, mengingat masih ada waktu di akhir tahun untuk melaksanakan CASN di tahun 2023.

Jika sampai pertengahan Juli belum selesai, maka seleksi pembukaan CPNS tahun 2023 sangat kemungkinan berpotensi di undur tahun berikutnya.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa pendaftaran seleksi penerimaan CPNS tahun 2023 akan dibuka pada bulan Juni ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: