Kantor Disdukcapil Digeledah Polisi, Ini Kata Asisten Pemkab Lampung Utara

Kantor Disdukcapil Digeledah Polisi, Ini Kata Asisten Pemkab Lampung Utara

Tim Sauber pungli Tipiter Polres Lampura, saat melakukan pencembutan salah seorang staf Disdukcapil Lampura--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Hingga pukul 10.00 WIB, Selasa 13 Juni 2023 enam terduga pelaku pungutan liar di bidang Adminduk di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Utara, masih menjalani pemeriksaan secara meraton.

Pantuan di lapangan, pemeriksaan dimulai pukul 20.00 WIB, pada Senin 12 Juni 2023 hingga pukul 02.00 Wib, dini hari Selasa 13 Juni 2023, masih berlangsung.

Bahkan, pemeriksaan tersebut dilanjutkan pagi hari ini dan hingga kini masih berlangsung. Pemeriksaan dilakukan secara meraton tersebut, petugas menggunakan tiga ruangan. Sementara, keluarga dari enam terduga terlibat dalam kasus pungli itu, nampak hadir mulai dari malam harinya paska pengeledahan di kantor Disdukcapil, mereka menunggu keluarganga yang diperiksa oleh petugas Tipiter Polres Lampura.

Informasi berhasil dihimpun, dari enam terduga pelaku yang terlibat dan masih menjalani pemeriksaan adalah Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk  di Dinas Catatan Sipil Lampura, berinisial FW. Selanjutnya, staf bersetatus PNS yakni Fd, Hd, HK. Sementara untuk tenaga honorer adalah DM dan Et.

BACA JUGA:Kejari Klaim Pulihkan Aset Ratusan Juta Rupiah Milik Pemkab Lampura

Sayangnya, Kapolres Lampura AKBP Kurniawan Ismail melalui Kasat Reskrim Polres Lampura, AKP Eko Rendi Oktama ketika dikonfirmasi wartwan ini, masih irit bicara.

Meski wartawan ini, menunggu hingga pukul 02.00 Wib, sampai dengan pukul 10.00 Wib, pada Selasa 13 Juni 2023 belum dapat memberikan keterangan, paska mengamankan enam orang terduga kasus pungli di bidang Adminduk Disdukcapil Lampura.

"Sebentar Bang. Kita masih melakukan pemeriksaan. Yakin saja dengan Polisi, akan bertindak secara profesional, objektif  dan transparan," kata AKP Eko Rendi Oktama, kepada radarlampung.co.id.

"Ketika sudah bisa. Yakinlah media akan kita beri tahu secepatnya," singkat AKP Eko Rendi Oktama.

BACA JUGA:Jelang Hari Pramuka ke-62 Tingkat Provinsi, Kabupaten Lampura Lakukan Hal Ini

Terpisah, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara Lampura, melalui Plt. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Mankodri membenarkan jika Kepala Bidang Pelayana Pendaftaran Penduduk berinisial FW diamankan Tipiter Polres Lampura.

Selain Kabid, kata dia, terdapat juga PNS dan Honorer juga turut diminta keterangannya di Mapolres Lampura, tadi malam.

"Jadi selain Kabid, ada juga PNS dan honorer. Saya saat ini masih berada di Jakarta. Itu (informasi, Red) saya dapat dari staf saya berada di Lampura," kata Mankodri yang juga menjabat sebagai Asisten 1 Seddakab Lampura, Selasa 13 Juni 2023.

Menurutnya, penggeledahan di kantor Disdukcapil Kabupaten Lampura, serta mengamankan sejumlah staf termaksud Kabid Capil, Ia mengaku legowo. Termaksud beberapa dokumen dan alat cetak KTP Elektronik yang saat ini masih berada di Mapolres Lampura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: