8 Waktu yang Mustajab untuk Memanjatkan Doa, Umat Muslim Wajib Tahu!

8 Waktu yang Mustajab untuk Memanjatkan Doa, Umat Muslim Wajib Tahu!

Waktu Waktu Yang Mustajab Untuk Berdoa-pixabay-

4. Malam Hari: Malam hari, terutama saat menjelang tidur, juga dianggap sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa dalam Islam. 

Pada saat ini, umat Muslim dapat merenungkan perbuatan mereka sepanjang hari, memohon pengampunan, dan memohon perlindungan Allah dalam tidur mereka. 

BACA JUGA:Mahkota Raja Zaman Kuno di Blitar Diklaim Palsu, Ini Ciri Benda Purbakala yang Asli

Banyak umat Muslim juga menghabiskan waktu malam dengan melakukan ibadah tambahan seperti shalat malam atau membaca Al-Qur'an.

5. Jumat dan Malam Jumat: Jumat adalah hari yang dianggap sangat istimewa dalam Islam. Pada hari Jumat, waktu shalat Jumat dianggap sebagai waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. 

Setelah melaksanakan shalat Jumat, umat Muslim dianjurkan untuk duduk dan berdoa di masjid. Selain itu, malam sebelum Jumat, yaitu malam Kamis, juga dianggap mustajab untuk berdoa.

6. Bulan Ramadan: Bulan Ramadan adalah bulan yang dianggap sangat istimewa dalam Islam. Selama bulan ini, umat Muslim melaksanakan ibadah puasa, menghindari makan, minum, dan kegiatan yang membatalkan puasa dari fajar hingga matahari terbenam. 

Waktu-waktu dalam bulan Ramadan, terutama saat menjelang berbuka (iftar) dan menjelang sahur, dianggap sangat mustajab untuk berdoa. 

Umat Muslim memohon ampunan, berkah, petunjuk, dan kebaikan kepada Tuhan selama bulan yang penuh berkah ini.

BACA JUGA:Luar Biasa, Ini 10 Manfaat Okra untuk Kesehatan, Salah Satunya Baik Dikonsumsi Wanita Hamil

7. Saat Turun Hujan : Waktu Berdoa yang mustajab selanjutnya adalah saat hujan. Saat hujan, itu adalah waktu terbaik untuk berdoa. 

Hujan yang dikirim oleh Allah SWT. Tujuannya adalah untuk membawa manfaat dan keberkahan.

Jika hujan turun Allah SWT. memberi setiap hambanya kesempatan unik untuk meminta semua keinginan dan kebaikan.

Dari Ibnu Qudamah dalam Al Mughn meriwayatkan sabda Nabi : "Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: 1. Bertemunya dua pasukan, 2. Menjelang salat dilaksanakan, dan 3. Saat hujan turun." 

Selain itu, perlu diketahui bahwa Rasulullah SAW. memnajatkan doa ketika melihat saat hujan turun. berdoa agar hujan bermanfaat bagi makhluk hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: