Generasi Muda Dituntut Berpegang Teguh Pada Pancasila, Ternyata Inilah Alasannya

Generasi Muda Dituntut Berpegang Teguh Pada Pancasila, Ternyata Inilah Alasannya

Sosialisasi Ekstremisme bagi Generasi Muda di Provinsi Lampung di Hotel Horison, pada Rabu 14 Juni 2023.---Sumber foto : Biro Adpim.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Generasi muda saat ini harus berpegang teguh dengan Pancasila serta menjadikannya pedoman dalam berbangsa dan bernegara agar tidak mudah terpapar paham radikalisme.

Hal tersebut disampaikan Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto pada acara Sosialisasi Ekstremisme bagi Generasi Muda di Provinsi Lampung di Hotel Horison, pada Rabu 14 Juni 2023.

Fahrizal Darminto mengatakan, Sosialisasi Ekstremisme ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat secara aktif dalam melakukan deteksi dini terhadap ancaman paham ekstremisme yang berbasis kekerasan mengarah pada terorisme dilandasi rasa tanggung jawab dan kesadaran yang tinggi sebagai komponen bangsa.

Pada acara yang dikuti oleh anggota purna Paskibraka se-Provinsi Lampung itu, Fahrizal Darminto mengungkapkan bahwa pruna paskibraka harus memiliki wawasan mengenai hakikat berbangsa dan bernegara dalam membangun ketahanan nasional serta mampu mempresentasikannya kepada masyarakat.

BACA JUGA:Pemkab Tanggamus Usulkan Empat Formasi Dokter Dalam Rekrutmen PPPK

Sebab, lanjut Fahrizal Darminto, generasi muda yang dapat membangun ketahanan nasional adalah generasi muda yang mampu bersaing dalam era globalisasi dan produktif dalam menyongsong masa depan.

Untuk itu, menurut Fahrizal Darminto, Indonesia yang kaya akan berbagai macam suku bangsa harus dipelihara dengan semangat Bhineka Tunggal Ika sehingga dapat mewujudkan misi Indonesia Emas tahun 2045. 

Dalam mempersiapkan generasi muda saat ini untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 merupakan tanggung jawab bersama semua pihak.

"Jadi kalau kita gagal mencetak generasi ini menjadi generasi produktif, generasi yang memilki ketahanan, memiliki komitmen, maka 2045 tidak akan terwujud Indonesia emas," ungkapnya.

BACA JUGA:Cara Mendaftar TikTok Affiliate dan Menghasilkan Cuan Hingga Ratusan Juta dari Konten

Lebih lanjut Fahrizal Darminto berharap kegiatan ini akan sangat bermanfaat, khususnya dalam upaya menanamkan kesadaran akan hak dan kewajiban konstitusional sebagai warga negara untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saya harap kalian bisa menjadi pemegang estafet untuk kemajuan bangsa Indonesia kedepan serta mudah-mudahan kalian tetap bersemangat, bertambah semangatnya setelah kegiatan hari ini dan jangan pernah kendur untuk menjadi duta pemersatu bangsa, menjadi duta memperkuat ketahanan nasional" tuturnya.

Diketahui kegiatan yang dilakukan oleh Kesbangpol Kampung itu, mengusung tema, sosialisasi pencegahan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme bagi generasi muda ini diikuti oleh anggota purna Paskibraka se-Provinsi Lampung.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: