Mengenal Karakteristik, Asal, Sebaran, dan Segudang Manfaat Buah Plum

Mengenal  Karakteristik, Asal, Sebaran, dan Segudang Manfaat Buah Plum

Karakteristik, Asal, Sebaran, & Segudang Manfaat Buah Plum-pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dalam bahasa Indonesia buah plum disebut prem. Namun, istilah bahasa Inggris 'plum' lebih populer dan sering digunakan.

Tanaman prem adalah flora dari Prunus sub-gebus, yang masih satu keluarga dengan ceri dan buah persik.

Meski buah plum banyak dikonsumsi di Indonesia seperti halnya di negara lain, buah ini sebenarnya memiliki banyak manfaat kesehatan yang sangat baik.

Tumbuhan buah-buahan yang terbagi menjadi tiga subgenus antara lain Prunus (Dunia Lama), Prunocerasus (Dunia Baru), dan Amerniaca (Aprikot), memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

BACA JUGA:Soal Dugaan Oknum Polisi yang Dilaporkan Pungli, Ini Kata Polda Lampung

Batang

Pohon plum yang tersebar luas saat ini berukuran sedang. Biasanya tumbuh sekitar 5-6 meter. Kekerasan batang pohon sedang.

Jika dibiarkan tidak dipangkas dan tumbuh liar, pohon prem dapat tumbuh setinggi 12 meter dan lebar 10 meter.

Buah

Plum adalah buah berukuran sedang, berdiameter sekitar 2–7 cm. Bentuk buahnya bulat, namun ada juga beberapa varietas yang lonjong.

Rasa dagingnya sedikit asam dan banyak mengandung air. Kulit buahnya lembut dan memiliki lapisan lilin alami di permukaannya yang melekat pada dagingnya.

BACA JUGA:Lezat Sangat! Ini 11 Rekomendasi Makanan Khas Pekanbaru Riau

Buah plum memiliki biji yang dapat digunakan untuk perbanyakan tanaman. Jika Anda ingin menanam plum di kebun Anda, Anda bisa menabur benih buahnya.

Bunga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: