Jelang Idul Adha, Pemkab Tulang Bawang Periksa Ratusan Ternak, Hasilnya...

Jelang Idul Adha, Pemkab Tulang Bawang Periksa Ratusan Ternak, Hasilnya...

Tim satgas mengecek kesehatan sapi. Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang melalui Dinas Pertanian setempat memeriksa seratusan hewan ternak menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H. 

Pemeriksaan ratusan hewan ternak menjelang Idul Adha 2023 tersebut dilakukan di lima kecamatan berbeda: Menggala, Menggala Timur, Banjar Baru, Banjar Agung dan Banjar Margo.

Berdasarkan hasil pemeriksaan ratusan hewan ternak menjelang Idul Adha 1444 H, semuanya dinyatakan sehat dan layak diperjualbelikan. 

"Di lima kecamatan tersebut totalnya 155 ekor hewan ternak. Alhamdulillah semuanya sehat dan layak dijadikan hewan kurban," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tulang Bawang Nasib Subagio, Kamis 22 Juni 2023.

BACA JUGA:Kejari Bandar Lampung Tahan Empat Tersangka Kasus Kredit Griya BNI Tanjung Karang

Nasib menjelaskan, pemeriksaan ratusan hewan ternak menjelang Idul Adha tersebut dilakukan di tingkat lapak penjualan atau pedagang. 

Di Kecamatan Banjar Agung, Banjar Margo, dan Banjar Baru, kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, 25 ekor hewan ternak yang diperiksa sehat dan usianya telah sesuai syariat Islam untuk di kurban kan.

Tidak hanya itu saja, sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam memberikan keamanan dan kesehatan menjelang Idul Adha 1444 H, Dinas Pertanian rutin melaksanakan pengecekan di Pos Lalulintas Ternak setempat.

Nasib juga memberikan tips kepada masyarakat yang hendak membeli ternak untuk dijadikan hewan kurban. 

BACA JUGA:Prihatin! Menteri Sosial RI Sambangi Keluarga Korban Pencabulan Dua Ayah Tiri

Menurutnya, masyarakat harus rajin melihat kesehatan hewan. Hal itu dapat dilihat dan dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) yang dikeluarkan instansinya, Dinas Pertanian.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tulang Bawang itu menambahkan, saat ini di Tulang Bawang telah ada sekitar 50 hewan ternak yang memiliki SKKH. 

"Pemerintah berharap warga membeli hewan kurban yang sudah memiliki SKKH. Sebab hewan ternak yang sudah memiliki SKKH sudah pasti sehat dan layak diperjualbelikan serta aman dikonsumsi," tutupnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: