Dinkes Kota Metro Imbau Masyarakat Segera ke Faskes Jika Terkena Gigitan Hewan Penular Rabies

Dinkes Kota Metro Imbau Masyarakat Segera ke Faskes Jika Terkena Gigitan Hewan Penular Rabies

Ilustrasi Anjing dan penyakit rabies-Pixabay-

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan Kota Metro mengimbau masyarakat Kota Metro untuk waspada terhadap hewan penular rabies

Dinkes juga meminta kepada masyarakat jika terkena gigitan hewan penular rabies seperti kucing, anjing, dan kera bisa langsung berobat ke fasilitas kesehatan (Faskes).

Kepala Dinas Kesehatan Metro, Eko Hendro Saputra, menyampaikan, saat ini mulai ditingkatkan untuk kewaspadaan terhadap virus rabies tersebut. 

Pihaknya mengingatkan kepasa masyarakat untuk lebih berhati-hati terutama anak-anak terhadap hewan penular rabies tersebut.

BACA JUGA:Diburu Kolektor, 5 Manfaat Batu Akik Sulaiman, Ternyata untuk Perlindungan, Pantas Banyak Dicari Orang

"Kami mengimbau masyarakat jika tergigit oleh salah satu hewan penular rabies, langsung dibawa ke puskesmas atau rumah sakit," katanya.

Dikatakannya, di puskesmas ataupun rumah sakit di Kota Metro menyediakan vaksin rabies gratis bagi masyarakat yang terkena gigitan hewan penular rabies.

"Kami siapkan gratis untuk masyarakat. Jika tergigit, bisa langsung ke faskes untuk penanganannya. Agar segera diobati," ujarnya.

Ia menerangkan, masyarakat yang terkena gigitan hewan penular rabies bisa disembuhkan, dengan penanganannya yang cepat dan tepat.

BACA JUGA:Hewan Kurban Dari PNS Pemprov Lampung Terkumpul 26 Ekor, Berikut Cara Pembagiannya

Eko menuturkan, jika masyarakat terkena gigitan, cakaran ataupun jilatan hewan yang diyakini terjangkit rabies, hal pertama yang harus dilakukan mencuci luka gigitan dengan sabun selama 15 menit dengan air mengalir. 

"Karena itu jika terkena gigitab atau cakaran segera ke faskes agar cepat ditangani," pungkasnya. 

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Metro selalu adakan penyuntikkan vaksin rabies secara gratis.

Pemberian vaksin rabies secara gratis kepada hewan peliharaan tersebut diberikan setiap bulan September.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: