Pemkot Lakukan Penyembelihan Ratusan Hewan Kurban, Ini Pesan Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana

Pemkot  Lakukan Penyembelihan Ratusan Hewan Kurban, Ini Pesan Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana

Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana diwawancarai media usai pelaksanaan shalat idul adha 1444H/2023. Foto Anggi Rhaisa/Radar Lampung--

BACA JUGA:Begini Nasib Gaji dan Tukin PNS Jika Menggunakan Skema Single Salary, Silahkan Cek Keuntungannya!

"Semoga pelaksanaan Shalat Ied pagi ini dapat menguatkan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," ucapnya.

Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha selain melaksanakan shalat idul adha  juga disunnahkan untuk menyembelih hewan ternak seperti Kambing, Sapi, Kerbau dan Unta sebagai bentuk ketaatan dan kecintaan kita kepada Allah dan Rasulnya.

Pada Penyembelihan Kurban karena di dalamnya ada dua unsur pokok tersirat vertikal kepada Allah SWT. dan ibadah sosial kepada sesan manusia: 

Berkurban merupakan cermin penguatan karakter yang hikmah yang luar biasa ibadah yaitu ibadah dimiliki oleh setiap muslim, yaitu: Karakter syukur, Karakter Mashlahah 'ammah (kebaikan universal) , Karakter Basyariyah-ijtimaiyyah (kemanusiaan-sosial).

BACA JUGA:Harta Miliaran, Dua Bupati di Jambi Tercatat Tidak Punya Kendaraan, Kok Bisa?

Lalu, Karakter As-sakhaa wal hubb (dermawan dan cinta), berkurban adalah karakter ketaatan dan pendekatan dir (taqarrub) serta Amalan kurban kelak menjadi saksi di akhirat. 

"Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya kurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan kurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu-bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah sebagai kurban di manapun dia disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya". (HR.Ibnu Majah dan Tirmidzi).

Untuk diketahui, Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444H/2023, pada Lapangan Kalpataru terlihat ratusan masyarakat Kemiling shalat idul adha bersama Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana, Sekretaris Daerah kota Bandar Lampung Iwan Gunawan, Kepala Kemenag Bandar Lampung Makmur, dan lainnya.

Tak terkecuali, Walikota Bandar Lampung dua periode 2010-2015 dan 2016- 2021 Herman HN juga hadir melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 H/2023 di Lapangan Kalpataru Bandar Lampung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: