Petugas Pengawas DKP3 Kota Metro Temukan Cacing Hati Pada Hewan Kurban

Petugas Pengawas DKP3 Kota Metro Temukan Cacing Hati Pada Hewan Kurban

Tim Monitoring Kesehatan dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Metro menemukan cacing hati pada dua sapi kurban di Masjid Al Falah, Kelurahan Yosorejo, Metro Timur. Foto dok--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim Monitoring Kesehatan dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota METRO menemukan cacing hati pada dua sapi kurban di Masjid Al Falah, Kelurahan Yosorejo, METRO Timur.

Panitia Kurban Masjid Al Falah Metro Timur, Darmanto mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan post mortem yang dilakukan oleh petugas pengawas, ditemukan dua sapi yang organ hatinya terinfeksi cacing pita.

“Iya ada dua. Tadi kita bedah, lalu kita lihat hatinya. Dan ternyata di dalamnya ada cacing pita,” katanya.

Dikatakan Darmanto, adanya cacing hati di organ hati tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi yang mengonsumsinya. Sehingga, petugas pengawas pun memberikan rekomendasi untuk memusnahkan organ sapi yang terkena cacing pita tersebut dengan dikubur. 

BACA JUGA:Ini Tanaman Pengusir Nyamuk, Cocok Buat Hiasan di Rumah

“Alhamdulillah tadi kita temukan bagian-bagian yang tidak layaknya. Karena cukup serius, ini cacing pita. Jadi, kita singkirkan, kita buang dan kita pendam,” jelasnya.

Kepala DKP3 Kota Metro Hery Wiratno melalui Kabid peternakan Lina Oktira mengatakan, petugas pengawas telah memeriksa sekitar 2.705 ekor hewan kurban yang telah disembelih di 387 titik penyembelihan di Kota Metro.

Hewan kurban tersebut terdiri dari 1.152 ekor sapi, 10 ekor kerbau, 1406 ekor kambing dan 137 ekor domba.

"Sampai dengan 29 Juni ada 2.705 ekor yang telah diperiksa kesehatan antemortem maupun postmortem," katanya.

BACA JUGA:Sosok Kapolres Perempuan Pertama di Indonesia, Pensiun Dengan Pangkat Jenderal Bintang Satu

Lina menuturkan, sebelum Idul Adha, untuk mengantisipasi adanya cacing hati, pihaknya juga sudah melakukan pemberian obat cacing waktu pengobatan massal di Bulan Mei lalu.

"Obat cacing juga harus rutin diberikan kepada hewan ternak," pungkasnya.

Sebelumnya, DKP3 Kota Metro menerjunkan 110 petugas pengawas penyembelihan hewan kurban yang memantau sekitar 387 titik penyembelihan hewan kurban. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: