Akhirnya, Penantian 8 Tahun Membuahkan Hasil, Amorphophallus Titanum Mekar di Taman Aracea KRL

Akhirnya, Penantian 8 Tahun Membuahkan Hasil, Amorphophallus Titanum Mekar di Taman Aracea KRL

Amorphophallus Titanum--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Satu dari 25 koleksi Amorphophallus Titanum atau bunga bangkai yang dimiliki oleh Kebun Raya Liwa (KRL) di Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat mulai mekar.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) KRL Khoirul Umur mengungkapkan, untuk amorphophallus titanum yang mekar tersebut berada di Taman Aracea KRL, yang merupakan salah satu koleksi  hasil eksplorasi tahun 2015, dari sekitar Kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas, Kecamatan Balikbukit.

"Alhamdulillah, setelah sekian lama tepatnya sejak dilakukan eksplorasi pada tahun 2015  dimana dipindahkan dari  salah lahan milik warga di sekitar Kawasan Sekuting Terpadu akhirnya Amorphophallus Titanum tersebut tumbuh bunga dan mekar, dengan tinggi tongkol bunga 163 CM dan berdiameter bunga 80 CM," ungkap Khoirul umur.

Dikatakannya, amorphophallus titanum  tersebut diperkirakan akan mekar sempurna dalam tiga hari kedepan.

BACA JUGA:Bupati Lampung Timur Sambut Kedatangan Jamaah Haji Kloter 17

Sehingga bagi masyarakat yang ingin melihat salah satu jenis bunga langka tersebut, bisa datang ke KRL tepatnya  ke taman aracea.

"Perkiraanya dalam tiga hari kedepan akan mekar sempurna untuk selanjutnya dalam beberapa akan mulai layu, sehingga bagi masyarakat yang ingin melihat bunga amorphophallus titanium tersebut bisa datang ke taman aracea," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Khoirul, pihaknya saat ini memiliki 25 koleksi amorphophallus titanum, sebagian besar berada di di area KRL.

Namun meksipun jumlah koleksi cukup banyak, tidak semua dari  amorphophallus titanum tersebut mekar setiap tahunnya.

BACA JUGA:Kandidat Pilwakot Bandar Lampung Bermunculan, Diprediksi Pertarungan Bunda Eva, Mirza dan Lesty Utami

"Untuk jumlah koleksi ada 25 amorphophallus titanum, kami laukan perawatan dengan baik meskipun memang untuk amorphophallus titanum  tersebut tidak selalu  mekar atau berbunga setiap tahunnya," kata dia.

Untuk diketahui, KRL sejak diresmikan pada 2017 lalu hingga saat ini telah memiliki sebanyak 5.285 spesimen tumbuhan, dengan spesies sebanyak 462, genus/marga sebanyak 333 dan Family sebanyak 232.

Untuk tumbuhan koleksi merupakan hasil eksplorasi dan juga hasil perbanyakan bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Tumbuhan koleksi yang menjadi favorit khususnya untuk kegiatan  penelitian baik yang dilakukan oleh mahasiswa atau dosen perguruan tinggi negeri/sawata antara lain family orchidaceae (anggrek), araceae (talas-talasan) dan begoniaceae (begonia).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: