Sambangi Lampura, Ini Kata Kapolda Lampung

Sambangi Lampura, Ini Kata Kapolda Lampung

Kunjungi Lampura, Kapolda Lampung Irejn Pol instruksikan pengamanan Pilkades serentak di Lampura--

RADARLAMPUNG.CO.IDKapolda Lampung, Irjenpol Helmy Santika mengunjungi Kabupaten Lampung Utara (Lampura) satu hari (H-1) perhelatan jelang pemilihan kepala desa, Selasa 11 Juli 2023.

Pemilihan kepala desa serentak (Pilkades) Lampura, secara serentak mendapat perhatian khusus dari Kepolisian Daerah (Polda) Lampung, dengan mengunjungi langsung dan melihat persiapan pengamanan dilaksanakan oleh Kepolisian Resort Lampura.

"Selain silaturahmi, kita juga melihat persiapan pengamanan pilkades di lapangan. Ini penting, guna pengamanan Pilkades serentak berjalan lancar dan kondusif," ujar Bank Helmy, sapaan akrab Kapolda Lampung, Irjenpol Helmy Santika itu.

Menurutnya, selain dibantu personil gabungan polres dan polsek pihaknya juga menyiapkan petugas dalam membantu proses pengamanan pesta demokrasi disana. Namun demikian, dia belum dapat menyebutkan jumlah menunggu hasil koordinasi selanjutnya.

BACA JUGA:Dor! Tersangka Curat Berhasil Dilumpuhkan Polisi

Sejauh ini, sambungnya, dari pantauannya telah menunjukkan hasil positif. Dan berharap kepada masyarakat dapat sama - sama ikut menjaga, demi terwujudnya pelaksanaan pilkades yang aman, kondusif dan berkualitas.

"Sehingga menghasilkan pemimpin yang benar - benar diharapkan masyarakat. Kita (polri) berupaya aga kondisi kamtibmas dapat berjalan baik, tanpa adanya gangguan berarti," terangnya.

Kunjungannya pada kali ini, tidak hanya berhenti sampai disitu. Melainkan juga ke polres - polres, atau kabupaten/kota lain dilingkup Polda Lampung. Selain menjalin tali silaturahmi dengan anggota, forkopimda dan masyarakat juga menyerap aspirasi warga terhadap persoalan yang ada.

"Sehingga menimbulkan keselarasan dan keserasian, dalam upaya percepatan pembangunan dimasyarakat," tambahnya.

BACA JUGA:Tahap Pertama, 385 Jemaah Haji Asal Tanggamus Tiba di Lampung Sore Ini

Sebelumnya, sebanyak 500 personil polri ditugaskan dalam pengamanan pemilihan kepala desa serentak (pilkades) di wilayah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) yang akan dilaksanakan pada 12 Juli 2023. Menurut Kapolres, AKBP Kurniawan Ismail hal itu sebagai bentuk keseriusan jajaran polri mengawal proses demokrasi desa di Lampura. Pihaknya akan all out dalam pagelaran enam tahun tersebut.

"Dalam rangka pengamanan pilkdes serentak 2023 ini, kami akan menurunkan personil pengaman baik itu dari Polres Lampung Utara dan Brimob, lalu polres tetangga seperti dari Polres Way Kanan, Lampung Tengah dan Tubaba," ujarnya, Jumat, 7 Juli 2023.

Dari 266 calon kepala desa yang ikut dalam Pilkades serentak di 91 desa pada 22 kecamatan se-Kabupaten Lampung Utara itu, lanjutnya, ditemukan ada salah satu calon melakukan pelanggaran akan dilakukan proses hukum yang berlaku. 

Untuk itu, pihaknya, menghimbau agar para calon beserta tim sukses dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas ditengah-tengah masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: