Pasca 1 Hari Aksi Sosial Viral Sampah Di Pantai Sukaraja Masih Menumpuk, Ini Harapan Nelayan

Pasca 1 Hari Aksi Sosial Viral Sampah Di Pantai Sukaraja Masih Menumpuk, Ini Harapan Nelayan

Foto Anggi Rhaisa/Radar Lampung : Suasana Pantai 1 hari setelah kegiatan bersih bersih masih terlihat tumpukan sampah--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Sehari setelah aksi viral bersih bersih sampah di Pantai Nelayan Payang dikenal Pantai Sukaraja berlokasi di Jalan Ikan Selar, Sukaraja, Bandar Lampung masih terlihat menumpuk karena lantaran volume sampah yang terbilang banyak dan telah telah puluhan tahun.

Pantauan Radar Lampung di lokasi pada Selasa, 11 Juli 2023, terlihat tumpukan sampah sekitar 300 sampai 500 meter persegi masih menghiasi pantai Jalan Ikan Selar Bandar Lampung. 

Diatas tumpukan sampah tersebut, terlihat lima kapal nelayan dan sisi lain terlihat anak anak anak sekitar sedang bermain air dipantai yang dipenuhi sampah.

Ketua Nelayan Payan Di Pesisir Pantai Sukaraja, Maryudi berharap Pemerintah dapat menyediakan Dermaga lepas Pantai. 

BACA JUGA:Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung: Selamat Milad ke-8 Radar Lampung Online

"Kami berharap pemerintah menyediakan Dermaga lepas Pantai yang bukan terbuat dari beton. Karena selama ini nelayan menggunakan tumpukan sampah sebagai media untuk menyadarkan kapal agar tidak rusak diterjang ombak besar 

Sebagai Nelayan, Muryadi berharap pemerintah setempat menyediakan Dermaga lepas Pantai supaya kapal nelayan dapat sandar dan tidak rusak ketika ombak besar datang. 

Warga Sukaraja mengaku bernama Bongek (48), menyampaikan bahwa sampah di Pantai Sukaraja ini sudah dari tahun 2004. "Sampah (dipantai) itu dari 2004. Tahunan memang. Sumber sampahnya Ya ada dari laut, dari kali, dari daratan (sampah rumah tangga masyarakat) juga ada," ucapnya

Kepala DLH Bandar Lampung, Budiman P Mega mengatakan, sisa sampah yang masih banyak menumpuk di Pantai Sukaraja tersebut tidak akan dikeruk. "Sedimen sampah itu kalau dikeruk, makin banyak, keluar semua. Jadi yang gak dikeruk," ucapnya.

BACA JUGA:Tak Perlu Pakai Racun, Ini Tanaman Penangkal Tikus di Rumah

Sehingga, pihaknya menugaskan satgas DLH melakukan pengerukan  dibagian permukaan sampah saja. "Sudah selesai kemarin (bersih bersih sampah). Kemarin dikeruk permukaannya," ucapnya.

Lebih rinci, Budiman menyampaikan hasil dari bersih bersih kemarin, sampah yang diangkut sebanyak 300 ton. "Kemarin 300 ton sampah kita angkut,"ucapnya.

Budiman juga menyebutkan, pagi tadi pihaknya menerima laporan bahwa terdapat beberapa orang yang kembali membersihkan. 

"Tadi pagi ada yang bersihkan juga, tumpukan sampah yang sudah dimasukin karung, nanti kita angkut," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: