BPBD dan Dinas PUPR Tanggamus, Kembali Rencanakan Bangun Jalan Pekon Paku Kecamatan Kelumbayan yang Longsor

BPBD dan Dinas PUPR Tanggamus, Kembali Rencanakan Bangun Jalan Pekon Paku Kecamatan Kelumbayan yang Longsor

Tim BPBD Tanggamus didampingi pihak kecamatan melakukan assessment bencana banjir dan longsor di Kecamatan Kelumbayan. FOTO DOKUMEN KECAMATAN KELUMBAYAN --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas PUPR telah melakukan Assessment atas longsornya bahu dan badan jalan di Dusun Curup Pantai Paku, Pekon Paku Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus.

Camat Kelumbayan, Derius Putrawan ketika dikonfirmasi radar lampung .co.id Selasa 11 Juli 2023 mengatakan, BPBD dan Dinas PU PR telah turun kelokasi longsor dan melakukan Assessment.

Hasilnya, Dinas PUPR merencanakan  pembangunan badan jalan dan BPBD akan membuat jalan darurat berupa pemindahan badan jalan.

Badan jalan akan dialihkan ke sisi timur jalan yang sebelumnya longsor , terang Derius Putrawan.

BACA JUGA:Pantai Sukaraja Viral, Pemkot Bandar Lampung Harus Evaluasi Pengelolaan Sampah

Nah, sisi timur jalan itu berupa tanah tebing yang pemiliknya adalah warga setempat. " Jadi saat ini kami tengah bernegosiasi dengan masyarakat pemilik tanah.

Dimana dari tiga pemilik lahan dua diantaranya sudah bersedia untuk menghibahkan tanahnya untuk dibangun badan jalan. Sedangkan yang satu warga belum.

"Jadi kami masih mengupayakan agar warga tersebut, bersedia juga untuk ikut  menghibahkan tanahnya," kata Derius.

Kalau proses hibah ini telah selesai  dan surat hibah sudah dibuat. Baru alat berat masuk.

BACA JUGA:Viral! Ada Sinagoge di Pondok Pesantren Al Zaytun Dengan Bintang Daud Simbol Yahudi

Pertama membuat jalan darurat, setelah itu baru selanjutnya Dinas PUPR membangun badan jalan tersebut, terang Camat.

Derius Putrawan menambahkan, badan jalan dipindah karena kalau tidak dipindah, jika opsinya menguruk badan jalan yang longsor, maka butuh material banyak . Karenanya badan jalan dipindah, " tukasnya sambil mengatakan panjang badan jalan mencapai sekitar 30 meter.

Diberitakan sebelumnya, tingginya curah hujan menyebabkan longsornya bahu dan badan jalan tepatnya di Dusun Curup Pantai Paku Pekon Paku Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus, Minggu 25 Juni 2023.

Bencana tanah longsor yang hampir menelan seluruh badan jalan Kabupaten tersebut, merupakan jalan penghubung antara Pekon Batu Patah Kecamatan Kelumbayan Barat dan Pekon Paku Kecamatan Kelumbayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: