5 Provinsi Terkecil di Indonesia, Ada yang Terlihat Besar Ternyata Paling Kecil

5 Provinsi Terkecil di Indonesia, Ada yang Terlihat Besar Ternyata Paling Kecil

--pixabay

Banten berbatasan dengan Provinsi DKI Jakarta di sebelah timur dan Samudra Hindia di sebelah barat. Provinsi ini memiliki sejarah yang kaya, terutama sebagai pusat kerajaan Banten pada masa lampau.

Salah satu objek wisata terkenal di Banten adalah Taman Nasional Ujung Kulon, yang merupakan situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan habitat dari badak Jawa yang langka.

BACA JUGA:Ajang Penghargaan Adipura Kembali Digelar! Berikut Daftar Penerimanya..

4. Provinsi Bangka Belitung

Provinsi Bangka Belitung terletak di Kepulauan Bangka Belitung, di sebelah timur Sumatera. Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 16.424,14 kilometer persegi, menjadikannya provinsi terkecil keempat di Indonesia.

Bangka Belitung terdiri dari dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta beberapa pulau kecil di sekitarnya.

Provinsi ini terkenal dengan keindahan pantai pasir putihnya, air laut yang jernih, dan batu granit yang unik. Pulau Belitung juga menjadi tujuan wisata yang populer sejak film "Laskar Pelangi" yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata.

BACA JUGA:Spesifikasi Laptop Lenovo Flex 14 2 in 1 Touch Multifungsi yang Bisa Dijadikan Tablet

5. Provinsi Gorontalo

Provinsi Gorontalo terletak di Sulawesi Utara, di sebelah utara Sulawesi. Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 12.215,44 kilometer persegi, menjadikannya provinsi terkecil kelima di Indonesia.

Meskipun ukurannya kecil, Gorontalo kaya akan keindahan alam dan budaya yang unik. Provinsi ini memiliki pantai yang menakjubkan, pegunungan yang indah, dan budaya suku Gorontalo yang kaya.

Salah satu tempat wisata yang terkenal di Gorontalo adalah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, yang merupakan habitat untuk berbagai jenis satwa liar dan tumbuhan endemik.

Meskipun luas wilayah provinsi-provinsi di atas relatif kecil, mereka memiliki peran penting dalam perkembangan ekonomi, sosial, dan budaya di Indonesia.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Rekomendasi Kucing Berbulu Panjang yang Indah dan Menawan

Meskipun ukurannya yang terbatas, kelima provinsi ini memiliki kekayaan yang unik dan menarik yang membuat mereka menjadi tujuan wisata dan pusat kegiatan penting di negara ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber