Iklan Bos Aca Header Detail

Dukung Program Nasional, Pj Bupati Tulang Bawang Siap Jadikan Kampung Ujung Tombak Pembangunan

Dukung Program Nasional, Pj Bupati Tulang Bawang Siap Jadikan Kampung Ujung Tombak Pembangunan

Pj Bupati Tulang Bawang foto bersama pejabat terkait usai menghadiri rapat koordinasi Nasional Kick Off Pelaksanaan Program Penguatan Pemerintah & Pembangunan Desa (P3PD) di Jakarta-Dinas Kominfo Tulang Bawang-

BACA JUGA:Bupati Lampung Timur Dukung Program TMMD

Upaya lainnya adalah penganggaran Dana Desa untuk membantu desa melaksanakan program-programnya.

Mendagri menyebut, pemilihan kepala desa yang dilakukan secara langsung oleh rakyat sesuai UU Desa menampilkan wajah demokrasi. 

Selain kepala desa, pemilihan langsung juga dilakukan terhadap perangkat desa. Bahkan, Badan Permusyawaratan Desa (Bamusdes) yang merupakan penyeimbang perangkat desa juga dipilih secara demokratis.

Pemerintah memiliki manajemen administrasi negara tersendiri untuk mengurus pemerintahan desa. 

BACA JUGA:Pegawai Minimarket Curi Uang Hingga Puluhan Juta

Guna mendukung hal itu, kapabilitas kepala desa, perangkat desa, dan Bamusdes harus diperkuat. Penguatan kapabilitas dapat dilakukan melalui berbagai pelatihan yang menargetkan sekitar 75.000 kepala desa.

Mendagri juga mengucapkan terimakasih kepada Bank Dunia atas bantuan anggaran yang diberikan untuk program pelatihan itu. 

"Program tersebut berpengaruh langsung kepada masyarakat. Meskipun pemilihan umum (pemilu) sebentar lagi, kami mohon, peserta pelatihan termasuk narasumber tidak menggiring ke arah politik praktis. Program ini merupakan murni untuk memperkuat kapasitas kepala desa," tuturnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: