Banyak Diburu, Benih Ikan Nila Jenis Nirwana dan Monosex Dikembangkan dengan Baik

Banyak Diburu, Benih Ikan Nila Jenis Nirwana dan Monosex Dikembangkan dengan Baik

Ikan nila jenis nirwana dan monosex yang banyak diburu-Ruri Setiauntari-

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Benih ikan nila jenis nirwana dan monosex atau kelamin tunggal banyak peminatnya di Bumi Sai Wawai.

Hal tersebut dikarenakan ikan nila jenis nirwana tersebut dapat cepat dipanen, dan cepat besar.

Karena itu, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Ikan (BBI) Kota Metro tengah fokus mengembangbiakkan benih ikan nila jenis nirwana dan monosex.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Ikan (BBI) Kota Metro, Akhmadi mengatakan, untuk di Kota Metro, ikan nila jenis nirwana maupun monosex sangat berpotensi dipelihara, dan panen berhasil.

BACA JUGA:SPPT PBB-P2 Kota Metro Mulai Dibagikan kepada Wajib Pajak

“Diantaranya yang paling potensial ya ada nila. Ada dua jenis nila, yang ikan nila nirwana dan ada juga yang nila monosex," ujarnya, Jumat, 14 Juli 2023.

Dikatakannya, karena itu, untuk memenuhi kebutuhan pasar, pihaknya sedang fokus untuk terus mengembangkan bibit ikan nila nirwana dan juga monosex. 

Tapi, di UPTD BBI Kota Metro juga terdapat bibit ikan lainnya, antara lain ikan mas, ikan gurame, lele, dan juga baung.

Ia menjelaskan, pendistribusian bibit ikan yang ada di UPTD BBI menargetkan para pembudidaya ikan, yang dapat dipesan melalui aplikasi benih Metro, atau langsung mendatangi Kantor UPTD BBI Kota Metro.

BACA JUGA:Pemkot Metro Akan Rehabilitasi Pembangunan Tugu Pena di Kota Metro

Dalam perbulan, produksi benih ikan bisa rata-rata bisa mencapai sekitar 30 ribu per ikannya. Didukung dengan 50 kolam yang produktif, di dua lokasi berbeda, yaitu di Jalan Sumbawa, Kelurahan Imopuro dan di Landbouw. Mulai dari kolam pemijahan, penampungan benih, hingga pembesaran.

"Hasil pembenihan kalau dirata-rata bisa mencapai 30 ribuan dalam sebulan. Iti rata-rata ya, bisa lebih bisa juga kurang. Benihnya ya campur-campur.  

Ia menambahkan, di UPTD BBI Kota Metro telah tersertifikasi cara pembenihan ikan yang baik. Karena itu, di UPTD BBI Kota Metro juga terdapat proses pemijahan.

"Artinya, dari memelihara induk, menelurkan, sampai benih. Ikan-ikannya ada nila, lele, gurame, ada lagi ikan mas dan baung,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: