Irjen KLHK Minta Mitigasi Karhutlah di Lampung Harus Konkrit

Irjen KLHK Minta Mitigasi Karhutlah di Lampung Harus Konkrit

Rapat koordinasi terkait penanganan karhutla di Lampung tahun 2023, pada Jum'at 28 Juli 2023 di Mahan Agung Rumah Dinas Gubernur Lampung.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI Laksmi Wijayanti minta mitigasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Lampung dilakukan dengan konkrit.

Hal itu disampaikan Laksmi Wijayanti usai mengikuti rapat koordinasi terkait penanganan karhutla di Lampung tahun 2023, pada Jum'at 28 Juli 2023 di Mahan Agung Rumah Dinas Gubernur Lampung.

Menurut Laksmi Wijayanti, arahan Presiden Republik Indonesia sejak tahun 2020 lalu telah diminta untuk bekerja bersama dalam penanganan Karhutla.

"Jadi (hari ini,red) kami menegaskan kembali sebetulnya karena kita juga harus melihat prediksi akan ada fenomena el nino," ujar Laksmi Wijayanti.

BACA JUGA:Ketua DPRD Lampung Timur Lantik 3 Anggota Dewan PAW

Dirinya memperkirakan dengan adanya fenomena el nino ini akan meningkat resiko karhutla.

Sehingga, kata Laksmi Wijayanti, penguatan koordinasi, kolaborasi, dan kerjasama perlu semakin ditingkatkan untuk mencegah terjadinya karhutla di Lampung.

"Amat presiden sudak klir, harus ada satgas, bahkan sampai kelapangan koordinasi. Jadi mengenai Karhutla ini tidak kerja sendiri-sendiri," ucapnya.

Disinggung terkait pembentukan satgas ditingkat kabupaten/kota, dirinya menegaskan perlu dibentuk.

BACA JUGA:Berpeluang Tinggi Jadi PPPK, Begini Reaksi Honorer Lampung Usai Menpan RB Keluarkan Surat Saktinya

"Harusnya membentuk organisasi tapi, kalau tidak bekerja ya tidak efektif. Kemudian langkah berikutnya adalah kita laksanakan forum. Kita bikin rencana operasionalnya," ungkapnya.

"Kalau bisa laksanakan patroli terpadu sehingga upaya mitigasi resikonya langsung kongkrit. Yang penting kongkrit (apa yang direncanakan dan dilakukan,red)," tuturnya.

Begitu juga disinggung terkait data karhutla KLHK di Lampung seperti apa, Laksmi Wijayanti menyebut bahwa data sampai Juli 2023 ada sekitar 2 ribu hektar.

"Cuma posisi berbeda-beda. Maka penangananya akan dikhususkan masing-masing," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: