825 Siswa Ikuti KSM Tingkat Provinsi Lampung

825 Siswa Ikuti KSM Tingkat Provinsi Lampung

Foto Kemenag Provinsi Lampung --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 825 siswa Madrasah di Provinsi Lampung mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 yang digelar Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung di MAN 1 Bandar Lampung dan MTsN 2 Bandar Lampung.

Pembukaan digelar pada Jumat, 4 Agustus 2023. Sebanyak 825 siswa yang terdiri atas 143 siswa MI, 7 siswa SD, 210 siswa MTs, 15 siswa SMP, 349 siswa MA dan 56 siswa SMA mengikuti kegiatan itu.

KSM sendiri menurut Plh. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Marwansyah merupakan kegiatan yang digelar Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa Madrasah/Sekolah.

"Dengan kegiatan ini kita harap para peserta yang juga anak-anak kita yang terbaik dari Provinsi Lampung yang akan mewakili Lampung ditingkat nasional. Dia berharap para siswa dapat memanfaatkan momen ini sebaik mungkin," ungkap Marwansyah.

BACA JUGA:Sejarah Pengadilan Agama Tanggamus dan Daftar Ketua Dari Masa ke Masa

Sejak digelar pada 2012 lalu, KSM memang menjadi salah satu kegiatan positif untuk membangun budaya kompetisi. Dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.

“hal ini sejalan dengan tujuan secara umum KSM tahun ini adalah untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," lanjutnya.

Sementara tujuan KSM secara khusus adalah menyedikan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah, memberikan kesempatan menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

BACA JUGA:Nekat, Kakek di Tubaba Ini Lakukan Pencabulan Anak Dibawah Umur

Sementara Ketua Panitia KSM 2023, Rika Irasanti melaporkan bahwa KSM sebagai kegiatan yang sangat lekat tentang pentingnya pengembangan pendidikan, potensi dan kreatifitas siswa madrasah, yang diarahkan agar para siswa mempunyai kepercayaan diri, yang melahirkan watak jujur, tekun, cermat dan berpandangan terbuka dalam perkembangan digital.

“Adapun Cabang yang akan dilombakan pada KSM Tingkat Provinsi Lampung tahun 2023 adalah MI-Matematika Terintegrasi, MI-IPA Terintegrasi, MTs-Matematika Terintegrasi, MTs-IPA Terintegrasi, MTs-IPS Terintegrasi, MA–Matematika Terintegrasi, MA-Biologi Terintegrasi, MA-Fisika Terintegrasi, MA-Kimia Terintegrasi, MA-Ekonomi Terintegrasi, MA-Geografi Terintegrasi, katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: