Tercatat 2 Kasus Kebakaran Lahan Selama Tahun 2023 di Mesuji Lampung

Tercatat 2 Kasus Kebakaran Lahan Selama Tahun 2023 di Mesuji Lampung

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kabupaten Mesuji mencatat baru ada dua kasus kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Mesuji, Lampung. Foto Dokumentasi--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kabupaten Mesuji mencatat baru ada dua kasus kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Mesuji, Lampung.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pemadaman Kebakaran, Evakuasi dan Sarana Prasarana Damkartan Pemkab Mesuji Ardiansyah, Jumat 4 Agustus 2023.

"Tahun ini baru ada dua kasus kebakaran lahan milik warga, dan Pertama di Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji. Lalu di Desa Wira Bangun, Kecamatan Simpang Pematang sedangkan untuk waktu kejadiannya sendiri terjadi di hari yang sama pada 31 Juli 2023. Sama kebakaran lahan, untuk yang di Desa Wira Bangun itu karena sebelumnya dilakukan pembakaran oleh pemilik lahan," jelasnya.

Menurutnya kebakaran lahan itu tidak sangat mengkhawatirkan dampaknya.

BACA JUGA:Tips untuk Para Pendaki Nih, Sebelum Mendaki Gunung, Siapkan 3 Hal Ini Supaya tak Hipotermia

Sebab, kebakaran yang ditimbulkan bisa ditangani tanpa melibatkan stakeholder lainnya.

"Beruntung kebakaran lahan yang terjadi tidak parah, sehingga kita bisa tangani persoalan itu," imbuhannya.

Jika kebakaran yang ditimbulkan itu cukup parah maka penanggulangannya bukan hanya ditangani oleh pihak Damkartan Mesuji.

Melainkan melibatkan seluruh pihak terkait, seperti BPBD maupun TNI-Polri.

BACA JUGA:Di Mana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung, Peribahasa Pas untuk Kasus Viral Ini, Nomor 3 Bikin Haru

Sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji mengkonfirmasi terdapat 12 titik panas atau hotspot, di Mesuji.

Jumlah titik panas tersebut tersebar di Kecamatan Simpang pematang ada 2 titik, di Kecamatan Way serdang ada 2 titik kemudian di Kecamatan Tanjung Raya, ada 3 titik selanjutnya di Kecamatan Mesuji Timur ada 3 titik, dan di Kecamatan Mesuji ada 2 titik.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji Sunardi saat dihubungi radarlampung.co.id Rabu 2 Agustus 2023 kemarin.

Berdasarkan pantauan atau data terakhir dari yang kami peroleh tercatat ada 12 titik hotspot di Mesuji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: