Ini Realisasi Investasi Semester I 10 Provinsi di Sumatera, Apakah Lampung Jadi yang Terbaik?

Ini Realisasi Investasi Semester I 10 Provinsi di Sumatera, Apakah Lampung Jadi yang Terbaik?

Ilustrasi realisasi investasi semester I di Pulau Sumatera.---Sumber foto : Istockphoto.com.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kementerian Investasi/BKPM telah merilis capaian realisasi Investasi semester I tahun 2023.

Realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) ini di luar investasi sektor hulu migas, perbankan, lembaga keuangan non bank, asuransi, sewa guna usaha, industri rumah tangga, usaha mikro dan usaha kecil.

Dari 10 provinsi di pulau Sumatera, Provinsi Riau menjadi provinsi tertinggi pada realisasi investasi semester I tahun 2023.

Juga menempatkannya di urutan ke lima untuk investasi PMDN tingkat nasional dan urutan urutan ke tujuh PMA tingkat nasional.

Realisasi investasi Provinsi Riau semester I tahun 2023 sebesar Rp 49,07 triliun. Disusul, Provinsi Sumatera Utara dengan realisasi Rp 22,20 triliun.

BACA JUGA:Jangan Maksa! Ini Bahaya Mendaki Gunung di Musim Hujan

Di urutan ketiga ada Provinsi Sumatera Selatan dengan realisasi Rp 21,64 triliun. Disusul Provinsi Kepulauan Riau dengan realisasi Rp 9,58 triliun.

Urutan kelima, Provinsi Aceh dengan realisasi investasi semester I mencapai Rp 8,45 triliun. Baru diurutan keenam, Provinsi Lampung dengan realisasi investasi Rp 5,99 triliun.

Kemudian, Provinsi Jambi dengan realisasi Rp 5,23 triliun. Urutan kedelapan ada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan realisasi investasi Rp 4,94 triliun.

Kesembilan ada Provinsi Bengkulu dengan realisasi investasi semester I tahun 2023 sebesar Rp 4,71 triliun. Dan paling buncit ada Provinsi Sumatera Barat hanya Rp 3,05 triliun.

BACA JUGA:5 Orang dengan Predikat Pemilik Gelar Terbanyak, Salah Satunya Lulusan Unila?

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Lampung Yudhi Alfadri mengatakan, tahun 2023 Provinsi Lampung mendapat target investasi dari Kementerian Investasi/BKPM sebesar Rp 11 triliun.

Hingga semester I tahun 2023, realisasi investasi Lampung mencapai Rp 5,99 triliun atau 54,50 persen dari target yang ditentukan BKPM. Realisasi tersebut tumbuh 43,88 persen year on year.

Lampung berada di urutan 21 nasional untuk realisasi PMDN dengan capai Rp 4,08 triliun dengan jumlah proyek 1.862.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: