Wajib Tahu, Mengapa Bendera Indonesia Berwarna Merah Putih? Ini Sejarahnya

Wajib Tahu, Mengapa Bendera Indonesia Berwarna Merah Putih? Ini Sejarahnya

Pengibaran bendera Merah Putih merupakan rangkaian acara yang harus ada pada setiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pengibaran bendera Merah Putih merupakan rangkaian acara yang harus ada pada setiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain pada peringatan HUT RI, pengibaran bendera Merah Putih juga dilaksanakan dalam upacara resmi di lingkup pemerintahan, TNI, Polri maupun BUMN dan perusahaan swasta. Itu termasuk dalam upacara di sekolah setiap Senin.

Pertanyaannya, mengapa harus pengibaran bendera merah putih. Sebab, bendera merah putih merupakan lambang negara Republik Indonesia. Pertanyaan selanjutnya, mengapa warna bendera Indonesia Merah Putih.

Untuk menjawab pertanyaan mengapa bendera Indonesia Merah Putih.  Diolah dari berbagai sumber, Merah berarti berani dan putih berarti suci.

BACA JUGA:Penting, Begini Cara Mengetahui Ikan Segar Sebelum Membelinya

Arti lain, merah melambangkan tubuh manusia. Sementara putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan Indonesia.

Pendapat lain, pemilihan terhadap warna merah dan putih dapat ditelusuri berdasarkan mitologi bangsa Austronesia.

Mitologi itu, yakni mengenai Bunda Bumi dan Bapak Langit; keduanya dilambangkan dengan warna merah (tanah) dan putih (langit).

Merah dan putih kemudian digunakan untuk melambangkan dualisme alam yang saling berpasangan.

BACA JUGA:Login Sekarang! Tanpa Aplikasi Tambahan Saldo DANA Kaget Gratis Rp 133 Ribu Cair, Copas Linknya Hari Ini

Kemudian mengapa bendera Indonesia warnanya merah putih jawabannya adalah didasarkan dari sejarahnya.

Berdasarkan sejarah yang diolah dari berbagai sumber, bendera merah putih merupakan panji-panji kerajaan Majapahit yang berdiri sejak tahun 1293 hingga 1527.

Sedangkan, berdasarkan kitab Pararaton, panji-panji berupa bendera berwana merah putih juga digunakan Bupati Gelang-Gelang Jaya Katwang saat menyerang Kerajaan Singosari pada tahun 1292 dan kemudian mendirikan kembali Kerajaan Kediri.

Namun, Kerajaan Kediri yang didirikan Jaya Katwang hanya bertahan sampai tahun 1293.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: