41 Orang di Mesuji Terkonfirmasi Penyakit HIV AIDS

41 Orang di Mesuji Terkonfirmasi Penyakit HIV AIDS

Ilustrasi HIV AIDS. Foto Pixabay--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 41 orang di Kabupaten Mesuji terkonfirmasi mengidap penyakit HIV/AIDS.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Mesuji Suyono mewakili Kadiskes Mesuji saat dihubungi   radarlampung.co.id pada Selasa 8 Agustus 2023.

Jumlah tersebut, ungkap Sunyono hanya penderita HIV/AIDS yang terdeteksi dan masih hidup jumlah tersebut juga di himpun dari Tahun 2016 hingga bulan Agustus 2023 ini.

Selain itu menurutnya data penderita HIV/AIDS tersebut tersebar di Kecamatan Kecamatan yang ada di Mesuji dan yang paling banyak yaitu di Kecamatan Simpang pematang dengan jumlah 10 orang sisa nya tersebar di Kecamatan Kecamatan lain yang ada di Mesuji.

BACA JUGA:Pejabat Pesisir Barat Jadi Korban Modus Gandakan Uang

"Dia menerangkan ada beberapa cara virus HIV dapat menular diantaranya dengan Hubungan tanpa Alat Pengaman (Kondom)," jelasnya.

Sebab virus HIV mudah menular ketika seseorang dengan latar belakang terkena virus HIV melakukan hubungan suami istri dengan pasangannya tanpa menggunakan alat pengaman berupa kondom. 

Kemudian Berbagi Alat Suntik dengan Orang yang positif Mengidap HIV, serta Ibu Hamil Positif HIV Kepada Bayinya, dan Melalui Transfusi darah.

Untuk menangani hal ini, selain melakukan sosialisasi, Dinkes telah melakukan berbagai upaya seperti meningkatkan jumlah orang yang dites (skrining).

BACA JUGA:Catat, Ini 5 Makanan Penyebab Jerawat yang Perlu Dihindari

Meskipun demikian dirinya mengimbau kepada masyarakat tidak perlu takut jika sedang bermasyarakat dengan penderita HIV/AIDS.

"Karena penderita HIV/AIDS sendiri penularannya tidak mudah, sebab penularannya bukan melalui air liur, keringat, sentuhan, ciuman, atau gigitan nyamuk. Dan kami sendiri memang sangat menjaga kerahasiaan identitas penderita HIV/AIDS," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: