Aturan Baru, Pejabat Eselon III Bisa Ikut Daftar Lelang Sekda

 Aturan Baru, Pejabat Eselon III Bisa Ikut Daftar Lelang Sekda

SE KEMENPAN NOMOR 10 TAHUN 2023 -TANGKAPAN LAYAR-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Aturan baru di tahun 2023, kini pejabat administrator atau eselon III bisa ikut kontestasi atau dafar lelang sekretaris daerah (sekda). 

Namun, seleksi terbuka atau lelang sekda yang dikhususkan di kabupaten/kota atau di daerah tingkat II. 

Ini merujuk pada Surat Edaran Menteri Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanPAN-RB), Nomor 10 tahun 20223 tentang batas usia pengangkatan jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota.  

Dalam surat itu dijelaskan, yang mendasari diterbitkannya surat edaran ini adalah memberikan pemahaman yang sama terkait dengan batas usia paling tinggi untuk pengangkatan jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota.

BACA JUGA:Seleski Administrasi Lelang JPTP Pemprov Lampung Diumumkan, Jadwal Uji Kompetensi Ditunda

Serta untuk memastikan pemenuhan kebutuhan dan efektivitas pelaksanaan tugas dan fungsi jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota.

Karenanya perlu ditetapkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi tentang Batas Usia Pengangkatan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten/ Kota. 

Beberapa ketentuan peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar pertimbangan adalah, Pasal 131 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara mengatur bahwa pada saat Undang-Undang ini mulai berlaku, terhadap jabatan Pegawai Negeri Sipil dilakukan penyetaraan jabatan eselon II setara dengan jabatan pimpinan tinggi pratama. 

Kemudian, Pasal 107 ayat (1) huruf c Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil mengatur bahwa persyaratan untuk dapat diangkat dalam jabatan pimpinan tinggi pratama dari kalangan Pegawai Negeri Sipil. 

BACA JUGA:Sepekan Dibuka, Lelang Jabatan Pemprov Lampung Masih Nihil Pendaftar

Rinciannya, memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana atau diploma IV. 

Kemudian, memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai standar kompetensi Jabatan yang ditetapkan. 

Lalu, memiliki pengalaman Jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan Jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama lima tahun.

BACA JUGA:Mudah Didapat, Buah dan Sayur Ini Bagus untuk Menjaga Kesehatan Mata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: