Iklan Bos Aca Header Detail

Jarang Diketahui, Ini 10 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Jarang Diketahui, Ini 10 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Kersen atau nama latinnya muntingia calabura adalah sejenis pohon yang sering dijadikan tanaman peneduh. Sebab, bentuk percabangannya mendatar membentuk naungan yang rindang. Foto Dwi --

RADARLAMPUNG.CO.IDKersen atau nama latinnya muntingia calabura adalah sejenis pohon yang sering dijadikan tanaman peneduh. Sebab, bentuk percabangannya mendatar membentuk naungan yang rindang.  

Bagi sebagian orang pada saat masa kecil dulu sering memanjat pohon kersen untuk memetik buahnya yang sudah matang. Sebab, pohon kersen biasanya banyak tumbuh di pekarangan rumah dan halaman sekolah.

Buah kersen yang berbentuk bulat kecil yang sudah matang berwarna merah cerah sangat disukai anak-anak termasuk orang dewasa. Sebab, rasanya manis dan menyegarkan dapat dapat berbuah sepanjang tahun. Di berbagai daerah Buah kersen dikenal juga dengan nama seri, ceri, talok dan kerupuk siam.

Diolah dari berbagai sumber buah kersen mengandung berbagai nutrisi dan senyawa  antara lain, protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, zat besi, karotin, vitamin c, vitamin B1, riboflavin dan niacin.

BACA JUGA:Inagurasi BRI Fellowship Journalism 2023, 45 Jurnalis Resmi Peroleh Beasiswa S2

Berbagai nutrisi dan senyawa tersebut baik untuk kesehatan. Berikut sejumlah manfaat buah kersen untuk kesehatan :

1.Mengontrol tekanan darah

Vitamin C dan senyawa polifenol yang terkandung dalam buah kersen dapat dapat membantu melemaskan pembuluh darah. Itu akan membantu menurunkan tekanan darah. Namun, agar hasilnya lebih optimal perlu juga dikombinasikan dengan obat penurun tekanan darah. Kemudian, yang perlu juga diperhatikn selalu jaga pola hidup sehat.

2. Mencegah peradangan

Senyawa anthocyanin dan cyanidin yang terkandung dalam buah kersen memilifiki sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu membantu mencegah peradangan.

3.Mengatasi sembelit

Serat yang terkandung dalam buah kersen dapat membantu memperlancar fungsi pencernaan. Karenanya, buah kersen juga dapat membantu mengatasi dan mencegah sembelit.

BACA JUGA:Hari UMKM Nasional, BRI Tegaskan Komitmen Terhadap Pemberdayaan Pelaku Usaha Mikro

4. Mencegah flu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: