Jadi Salah Satu Perwakilan Indonesia, Siswa SMA Al Kautsar Raih Medali Perak IGeO ke-19

Jadi Salah Satu Perwakilan Indonesia, Siswa SMA Al Kautsar Raih Medali Perak IGeO ke-19

--Sumber SMA Al Kautsar

BACA JUGA:Pemilik NIK KTP dengan Ciri Ini Bisa Dapat Pinjaman Dana KUR BRI Hingga Rp100 Juta, Kamu Termasuk?

Sementara dalam closing ceremony IGeO yang ditayangkan di YouTube Kemendikbud RI, Minggu 13 Agustus 2023 malam, Plt. Kapuspresnas Kemendikbudristek sekaligus Chairman of IGeO, Hendarman menyampaikan kebanggaan nya bagi Indonesia yang berhasil menjadi tuan rumah IGeO.

"Alhamdulillah seluruh kegiatan IGeO 2023 bisa berjalan lancar, sukses serta kondusif. Meskipun kegiatan ini sempat dilaksanakan secara online karena Covid-19 selama tiga tahun," beber Hendarman.

IGeO 2023 diikuti 46 negara yang didalamnya terdiri dari 177 siswa, 89 tim leader, 11 observer, 9 nine task force, 21 tim akademik dan juri, serta 57 live song officer.

Selain itu, kegiatan ini juga berhasil diselenggarakan atas kerja sama Kemendikbudristek dengan Ikatan Alumni Tim Olimpiade Geografi Indonesia, Tim Olimpiade Geografi Indonesia dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA:Bebas Biaya Apapun! Ambil Saldo DANA Gratis Rp 82 Ribu Langsung Cair Cepat, Klik Link Kaget Hari Ini

Dalam pelaksanaannya, peserta IGeO sendiri mengikuti tiga jenis tes. Mulai written response test (tes tertulis), fieldwork test (tes lapangan), dan multimedia test.

Selain itu, peserta juga melakukan ekskursi ke Museum Geologi, Tangkuban Perahu, dan NuArt Sculpture Park, serta mengikuti malam pagelaran budaya dan permainan tradisional di Sasana Budaya Ganesha.

"Kegiatan yang diikuti peserta IGeO bukan hanya menjadikan mereka mendalami geografi, namun juga menumbuhkan semangat kolaborasi, serta mengembangkan kemampuan berkomunikasi antar lintas budaya, kepemimpinan dan toleransi," katanya.

"Dengan semangat ini, IGeO bukan hanya merayakan pencapaian akademik, tetapi juga membentuk pribadi-pribadi yang sadar akan tanggung jawab global dan siap mencari solusi untuk berkontribusi pada permasalahan dunia yang komplek," tuturnya 

BACA JUGA:Penuhi Syaratnya! Pemilik KIS BPJS Kesehatan Berpeluang Raih Saldo DANA Bansos Rp 3 Juta

Pada malam penutupan IGeO tersebut diumumkan 15 peraih medali emas, 30 peraih medali perak dan 45 peraih medali perunggu, serta peraih The Best Teacher Award dan Poster Award.

"Selamat kepada pemenang, dan jangan berkecil hati bagi yang belum juara," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: