Terus Support Produk UMKM Tanggamus, Agar Masuk Pasar Internasional

Terus Support Produk UMKM Tanggamus, Agar Masuk Pasar Internasional

Pemerintah Kabupaten Tanggamus terus mensupport agar hasil kerajinan Tapis dan berbagai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat setempat, masuk pasar internasional.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Tanggamus terus mensupport agar hasil kerajinan Tapis dan berbagai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat setempat, masuk pasar internasional.

Salah satunya yakni dengan di ikut sertakannya beragam hasil kerajinan Tapis dan beberapa produk UMKM Tanggamus pada pameran tunggal yang digelar oleh pengusaha/perancang busana Ms. Isabel asal Spanyol, Pameran berlangsung di The Oberoi Resort Seminyak Bali.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustian dan Perdagangan Kabupaten Tanggamus, Retno Noviana Damayanti mengatakan, untuk kerajinan Tapis dipamerkan 5 kimono Tapis yang di kerjakan oleh pengerajin asal Kabupaten Tanggamus yaitu dija colection dengan harga penawaran 50 juta persatu produk.

Sedangkan beberapa prodak UMKM  yang dipamerkan antara lain, kopi bubuk, gula semut, kripik pisang, marning kopi dan lainnya.

BACA JUGA:Update Tabel Angsuran KUR BRI 2023 Hari Ini 16 Agustus 2023, Ada Pinjam Rp 25 Juta Cicilan Hanya Rp 541.667

Pameran yang banyak didatangi warga negara asing tersebut akan berakhir pada 21 Agustus  mendatang.

"Para pengunjung cukup antusias melihat hasil wastra budaya pesisir yang dituangkan pada baju kimono Tapis. Harapannya semoga seni tapis ini dapat mengangkat prodak UMKM Tanggamus ke kancah internasional," sebut Retno.

Menurutnya, kabupaten Tanggamus dapat berpromosi akan destinasi maupun prodak UMKM go internasional.

"Dengan harapan pasar internasionalnya dapat tercapai," ungkap Retno Noviana Damayanti.

BACA JUGA:Modal KTP Bisa Dapat Plafon Kredit Ratusan Juta, Begini Syarat dan Ketentuan KUR Bank BRI Terbaru 2023

Retno Noviana Damayanti menambahkan,  latar belakang dari pelaksanaan pameran tersebut berawal dari pada tahun 2022 Ms. Isabel pernah berkunjung ke kabupaten Tanggamus untuk kunjungan wisata dan pada saat itu ia melihat hasil prodak UMKM khusus nya pengerajin tapis.

"Nah, bermula dari kunjungan inilah Ms. Isabel berkolaborasi dengan dija colection untuk mengangkat tapis ke kancah internasional," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: