Sekolah Madrasah di Lampung Diminta Terapkan Kelas Digital

Sekolah Madrasah di Lampung Diminta Terapkan Kelas Digital

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Puji Raharjo--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung mendukung madrasah segera melakukan transformasi digital madrasah dalam sistem pembelajaran.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung  Puji Raharjo usai melaunching Kelas Digital MTsN 1 Lampung Utara, Kamis 24 Agustus 2023.

Menurut Puji, madrasah saat ini butuh melakukan inovasi dan transformasi digital.

"Kelas digital ini sebuah gagasan yang  sangat cerdas dalam memanfaatkan potensi yang ada di era digital saat ini," ujarnya.

BACA JUGA:Catat! Inilah Kriteria Skor BI Checking yang Masuk Daftar Blacklist

Dengan demikian dia berharap seluruh madrasah di Lampung bisa segera melakukan perubahan tranformasi Digital.

Di tambahkan Kepala MTsN 1 Lampung Utara  Untoro, bahwa kelas digital yang di launching Kakanwil ini adalah bagian upaya dalam rangka mendukung program Prioritas Kementerian Agama Terkait Transformasi Digital.

"Di zaman sekarang ini sangat penting karena Disrupsi teknologi yang sedang terjadi, juga berdampak pada dunia pendidikan. Salah satunya melalui transformasi digital di kelas dalam mendukung proses pembelajaran," kata Untoro.

Namun sayangnya, belum semua sumber daya manusia di bidang pendidikan juga memiliki kesiapan yang sama rata dalam merespons disrupsi tersebut.

BACA JUGA:Update KUR Bank Mandiri, Mulai dari Syarat dan Ketentuan, Jenis Hingga Limit Pinjaman Rp200 Juta

Sehingga masuknya transformasi digital dalam pembelajaran masih membutuhkan banyak Persiapan persiapan baik persiapan SDM maupun persiapan sarana lainnya.

Dia menyebut  perkembangan Pendidikan  bahwa di era 4.0 ini Proses kegiatan belajar mengajar harus sudah berbasis digital.

Salah satu bentuk pembelajaran digital  adalah menggunakan  tehnologi dalam Kelas. Tehnologi yang dimaksud adalah salah satunya penggunaan Papan tulis Panel Plus Touchscreen.

"Saat ini banyak manfaat serta perubahan tata cara belajar baik guru ataupun peserta didik. media digital dalam Proses belajar mengajar dapat membantu menyampaikan informasi secara lebih jelas dan visual dan dengan menggunakan gambar, diagram, grafik, atau video, konsep-konsep yang kompleks dapat dijelaskan dengan lebih baik, sehingga memudahkan siswa untuk memahaminya," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: