Dibalik Rasanya terbilang Unik, Buah Bit Dapat Cegah Pikun untuk Lansia, Cek Fakta Manfaat dan Efek sampingnya

Dibalik Rasanya terbilang Unik, Buah Bit Dapat Cegah Pikun untuk Lansia, Cek Fakta Manfaat dan Efek sampingnya

Buah bit memiliki banyak manfaat salah satunya mencegah pikun .Sumber Foto instagram@buah_bit--Sumber Foto instagram@buah_bit

RADAR LAMPUNG.CO.ID - Tahukah Anda, buah bit sebenarnya bukan buah, melainkan tanaman umbi umbian yang tumbuh di dalam tanah layaknya singkong dan ubi namun karena bentuk dan warnanya, bit sering kali disangka  sebagai buah buahan. 

Dibalik rasanya yang terbilang unik, tanaman berwarna merah keunguan ini juga memiliki beragam manfaat maupun efek sampingnya. 

Salah satu manfaat buah bit adalah mencegah pikun sehingga cocok untuk dikonsumsi para moms (ibu)  dan dads (ayah) yang sudah berumur atau lanjut usia (lansia).

Dirangkum dari website alodokter, bit sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan alami karena mengandung beragam nutrisi yang meliputi karbohidrat.

BACA JUGA:Alhamdulilah, Bansos Sembako Cair, Puluhan Ribu KPM Diminta Cek Saldo Dana Kartu KKS di Bank Himbara

Lalu protein , serat, serta vitamin dan mineral, seperti vitamin C, folat, kalium , magnesium, natrium dan zat besi.

Selain itu, bit juga rendah lemak dan kalori , tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, serta kaya akan antioksidan .

Nah, salah satu manfaat buah bit adalah mencegah pikun. Jadi cocok untuk dikonsumsi semua umur terutama orang tua kita sudah lanjut usia (lansia). Mengapa demikian ?

Karena, kandungan nitrit pada tanaman bit ini mampu mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke sel dan jaringan tubuh termasuk ke otak. 

BACA JUGA:Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan TV Samsung 85 inch QLED 4K Q60C, Kualitas Gambar dan Audio yang Baik

Sehingga baik mencegah berkembangnya gejala pikun terutama pada orang tua kita telah lanjut usia (lansia) .

Kandungan nitrit ini dapat memperlebar pembuluh darah sehingga memperlancar aliran darah dan oksigen menuju otak .

Sehingga, mengkomsumsi jus buah bit ini diyakini mampu mencegah perkembangan gejala pikun, sehingga jus buah bit sangat dianjurkan diminum oleh orang lanjut usia (lansia).

Tidak hanya mencegah pikun, mengkomsumsi buah bit juga bermanfaat  untuk menurunkan tekanan darah, mengendalikan kadar gula darah,  meningkatkan  kinerja fisik.

BACA JUGA:Pinjam Dana Tanpa Agunan dengan KUR Bank Mandiri, Simak Cara dan Syarat Lengkapnya

Lalu, mengatasi peradangan dalam tubuh, mencegah kanker, mendukung kerja syaraf, otot, memelihara kesehatan pencernaan .

Bahkan, bit juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena tanaman umbi umbian ini kaya akan folat yang dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin dan menurunkan risiko bayi terlahir prematur. Namun, konsumsi bit pada hamil sebaiknya tetap dibatasi.

Dilansir dari website halodoc, buah bit juga memilih manfaat seperti mencegah anemia, menjaga kesehatan mata , dan membuat berat badan.

Kendati demikian, dalam mengkomsumsi buah bit tidak boleh berlebihan karena dapat memberikan efek samping pada tubuh anda.

BACA JUGA:Siapkan Syaratnya, Dapatkan Plafond Pinjaman Dana KUR Bank Mandiri Hingga Rp500 Juta

Seperti dilansir dari website honestdoc, setidaknya ada 10 efek samping jika berlebihan mengkonsumsi buah bit yakni : 

1. Beeturia (warna urine Anda menjadi warna pink)

2. Batu ginjal sehingga tidak disarankan bagi yang memiliki riwayat penyakit ini mengkonsumsi buah bit.

3. Ruam 

4. Feses berubah warna

BACA JUGA:Solusi Buntu! Ambil DANA Gratis Rp 144.000 Spesial Weekend Langsung Cair di Dompet Digital

5. Gangguan lambung

6. Berlebihan mengkonsumsi buah bit  pada orang yang memiliki tekanan darah rendah bisa beri dampak efek samping pada fakultasi tekanan darahnya.

7. Dilarang untuk penderita diabetes untuk konsumsi buah bit  karena dikhawatirkan  akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh 

8.  Gangguan kehamilan

BACA JUGA:BLT PIP Belum Masuk Ke Rekening? Pahami Kode Transaksi Ini Agar Segera Cair

Bila berlebihan mengkonsumsi buah bit akan memberikan dampak gangguan pada kehamilan

9. Asam urat 

Berlebihan mengkonsumsi buah bit bisa menyebabkan asam urat 

10. Gangguan liver (hati)

Bit kaya akan kandungan zat besi, magnesium, tembaga, dan fosfor. Hal ini tentu baik. Namun disisi lain, konsumsi "logam" berlebihan dapat menyebabkan akumulasi pada organ hari.

BACA JUGA:6 Wisata Religi Masjid dengan Panorama Indah, Nomor 3 Berada di Lampung

Otomatis, timbunan logam tersebut berbahaya bagi hati maupun pankreas .

Jadi, meski buah bit memiliki segudang khasiat , bukan berarti anda dapat mengkonsumsinya secara berlebihan .

Terlalu banyak mengkonsumsi bit justru dapat memberikan efek samping pada tubuh Anda maupun pada tubuh orang tua Anda yang sudah lanjut usia (lansia).

Untuk itu,  berapa banyak asupan yang tepat agar tidak sampai efek samping buah bit pada Anda terutama orang tua anda yang telah lanjut usia (lansia) ?

BACA JUGA:Wow, Berenang dari Pantai Kunyit ke Pantai Mutun, Ini Sensasi Komunitas Berenang Pantai Kunyit Lampung

Beberapa pihak menyampaikan segelas jus bit sehari masih aman, namun da juga menyampaikan itu terlalu banyak untuk diberikan kepada orang tua kita sudah lanjut usia (lansia).

Untuk  pastinya, Anda berkonsultasi dengan dokter kesehatan orang tua Anda karena  kondisi tubuh setiap orang yang telah lanjut usia (lansia) tidaklah sama termasuk kesehatan anda dengan orang lain pun tidak lah sama. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: