Pemkot Metro Antisipasi Dampak El Nino Sampai Akhir Tahun, Ini yang Akan Dilakukan

Pemkot Metro Antisipasi Dampak El Nino Sampai Akhir Tahun, Ini yang Akan Dilakukan

Prediksi Terbaru BMKG Soal El Nino-pixabay-

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Metro terus melakukan antisipasi dampak fenomena El Nino, dan akan terus dilakukan akhir bulan Desember mendatang.

Wali kota Metro, Wahdi mengatakan, Pemkot terus melakukan upaya antisipasi dampak fenomena El Nino di Kota Metro.

Meski, dampak fenomena El Nino di Kota Metro tidak terdampak secara signifikan, namun Pemkot beraksi dengan melakukan berbagai upaya antisipasi.

BACA JUGA:UMKM Pisang Mas Tanggamus Tembus Pasar Internasional

"Salah satu yang sudah kita bicarakan itu mengenai ketahanan pangan. Untuk di Metro ini, Alhamdulillah belum ada laporan kekeringan. Lalu, dari jumlah hasil pertanian kita sampai saat ini itu satu hektar kita masih bisa menghasilkan 5,6 ton. Tapi kita tetap akan lakukan antisipasi," ujarnya. 

Terpisah, Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Metro, Yeri Ehwan menerangkan, Pemkot Metro sudah bersiap untuk melakukan antisipasi dampak fenomena El Nino di Kota Metro sampai akhir tahun mendatang.

"Dari informasi yang kita terima, memang puncaknya itu di Bulan September. Tapi kita antisipasinya sih sampai akhir tahun," kata dia.

BACA JUGA:Raih Sekarang! Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp 50.000 Langsung Cair Spesial, Begini Cara Mainnya

Ia mengakui, salah satu langkah antisipasinya di bidang pertanian, Pemkot Metro berupaya tanam petani dan panennya dipercepat.

"Misalkan untuk di pertanian, padi atau holtikultura dilakukan percepatan tanam bagi yang belum menanam, atau yang yang sudah masuk masa panen, ya panennya dipercepat," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, Pemkot Metro melalui DKP3 sudah berupaya mengantisipasi dampak El Nino ini dengan pemanfaatan bibit padi serta koordinasi dengan balai besar pengairan.

BACA JUGA:Musnahkan Ratusan Senpira, Polda Lampung dapat Penghargaan dari Lemkapi

"iya, Dinas Pertanian berupaya terus untuk antisipasi khususnya di bidang pertanian. Dinas pertanian menggunakan bibit padi yang tidak banyak membutuhkan air. Sudah kordinasi juga dengan balai besar untuk aliran irigasinya," jelasnya.

Yeri mengakui, DKP3 Kota Metro juga intens menggelar rapat untuk mengantisipasi dampak terburuk daei fenomena El-Nino tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: